Program PPL Mahasiswa Akan Dilakukan Secara Daring

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 September 2020 . 11:09:18

 

 

GORONTALO – Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini tidak menjadi halangan bagi Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LPPPM) dalam melaksanakan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PPL). Langkah yang diambil LPPPM agar Program PPL tetap bisa dilaksanakan dengan mengubah pelaksanaan PPL secara Daring.

Menurut Ketua LPPPM UNG Prof. Ansar Made, M.Pd, akibat pandemi saat ini pelaksanaan PPL dilakukan penyesuaian, yang disesuaikan dengan kondisi pelaksanaan pendidikan di Sekolah sebagai tempat pelaksanaan PPL Mahasiswa. Salah satu solusi terbaik agar pelaksanaan PPL tetap dilaksanakan yakni dengan melakukan PPL Daring.

“PPL sebagai bagian dari kurikulum bagi Program Studi Kependidikan harus tetap berjalan meskipun saat ini kita dalam kondisi Pandemi. Karena saat ini Sekolah-Sekolah belum melakukan kegiatan belajar-tatap muka, maka kegiatan PPL juga menyesuaikan dengan kondisi tersebut dengan melakukan PPL Daring,” ungkap Prof. Ansar.

Dengan PPL Daring mahasiswa tidak perlu datang langsung ke Sekolah-Sekolah, seluruh kegiatan belajar-mengajar dilakukan dari rumah masing-masing. “Jika PPL tidak dilakukan secara Daring akan ada 1325 Mahasiswa yang akan tertunda proses pendidikannya di UNG, sehingga PPL Daring menjadi solusi dipilih,” terangnya.

Meskipun pelaksanaan PPL kali ini berbeda dari sebelumnya karena dilakukan secara Daring, Prof. Ansar berharap mahasiswa dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkain PPL kali ini dengan baik.

“Salah satu tujuan pelaksanaan PPL yakni membetuk mahasiswa sebagai calon Guru Profesional. Meskipun pelaksanaanya terdapat beberapa keterbatas karena dilakukan Daring, diharapkan tujuan tersebut bisa kita wujudkan,” harapnya.

Menurut informasi pelaksanaan Program PPL kali ini akan diikuti oleh 1325 Mahasiswa dengan Program Studi Kependidikan. Nantinya para mahasiswa akan terjun melaksanakan PPL di 89 Sekolah yang tersebar di Kota Gorontalo, Kab. Gorontalo dan Kab. Bone Bolango. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61