Program Pengabdian PPUD UNG, Berdayakan Pertumbuhan Kelompok UKM Karawo Desa Bongo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 9 Oktober 2017 . 09:42:13

 

GORONTALO - Desa Bongo Kabupaten Gorontalo sebagai daerah yang memiliki potensi dalam pengembangan usaha Karawo, terus mendapat perhatian untuk dikembangkan dari Universitas Negeri Gorontalo. Melalui program pengabdian kepada masyarakat Dosen UNG berupaya merangsang pertumbuhan dan pengembang industri karawo Desa Bongo, menjadi program UKM berpotensi ekonomi yang menjanjikan.

Kegiatan pengabdian Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPUD) Karawo Desa Bongo tahun 2017 Kementerian Ristekdikti, yang diketuai Dr. Ismet Sulila, SE, M.Si, menghimpun para pengrajin karawo Desa Bongo dalam bentuk kelompok usaha. Kedua kelompok tersebut yakni UKM Annisa dan UKM Nirwana.

"Pengelompokan ini untuk mengumpulkan para pengrajin potensial, mengorganisir, memotivasi dan melakukan identifikasi masalah serta menyusun program prioritas," ungkap Dr. Ismet.

Dalam pengembangan karawo khas desa Wisata Religius Bongo sebagai produk unggulan daerah, tim Program PPUD fokus menata dan mencarikan solusi permasalahan pengembangan UKM.

"Yang pertama permasalahan manajemen, dengan memberikan pembimbingan dalam memahami fungsi manajemen dan mengaplikasikannya secara nyata dan terukur dalam praktek usaha," jelasnya.

Selanjutnya fokus kedua yang dilakukan penataan yakni simberdaya manusia pengelola. Dengan memenuhi kebutuhan SDM UKM, serta mengelompokkan baik itu untuk urusan manajemen maupun proses produksi.

"Dan fokus ketiga adalah melakukan identifikasi dan melengkapi kebutuhan fasilitas pendukung pengembang produksi dan pemasaran. Kemudian menentukan produk karawo unggulan berdasarkan motiv setiap kelompok sebagai ciri khas," terangnya.

Menurut Dr. Ismet, dengan terimplementasinya 3 fokus pengembangan tersebut, secara perlahan dapat meningkatkan eksistensi pengembangan UKM Karawo Desa Bongo Kabupaten Gorontalo.

"Alhamdulillah para pengrajin juga merespon positif program ini, dan solusi dari permasalah pengembangan UKM Karawo dapat diimplementasikan dengan baik pada masing-masing UKM," pungkasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61