Program Mahasiswa KKN Kebangsaan Desa Laut Biru

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Agustus 2017 . 11:21:19

Lakukan Pelatihan, Penyuluhan dan Konservasi Terumbu Karang

 

 

GORONTALO - Setelah kurang lebih seminggu melakukan kegiatan pengabdian pada 60 Desa di Kabupaten Bone Bolango, para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan mulai menjalankan berbagai program pengabdian masing-masing kelompok disetiap Desa. Untuk mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Laut Biru, saat ini tengah gencar-gencarnya melakukan program penyuluhan akan konservasi lingkungan terumbu karang.

Dosen Pembimbing KKN Kebangsaan Desa Laut Biru Zhulmaydin Chairil Fachrussyah, S.St,Pi, M.Si, mengungkapkan, program penyuluhan, pelatihan dan konservasi terumbu karang dilakukan, karena berdasarkan pengamatan kondisi terumbu karang di wilayah Desa Laut Biru mengalami kerusakan yang cukup serius. Hal ini mengakibatkan selain rusaknya ekosistem laut, juga berdampak pada kurangnya ikan disekitar perairan Desa Laut Biru.

"Hasil identifikasi awal kami, kondisi terumbu karang disini sudah rusak, untuk itu perlu dilakukan konservasi kembali untuk menghidupkan kembali ekosistem laut dan potensi ekonomi dari laut tersebut," ungkapnya.

Dalam upaya konservasi tersebut Zhulmaydin menjelaskan, peserta KKN Kebangsaan gencar melakukan penyuluhan dan pelatihan secara intensif kepada masyarakat dengan melibatkan aparat Desa dan Kecamatan, akan pentingnya konservasi dan melakukan penataan terumbu karang tersebut.

 

 

"Kemudian juga dilakukan penanaman sekita 150 bibit terumbu karang disekitar laut Desa Laut Biru. Penanaman dilakukan mahasiswa dan masyarakat," terangnya.

Untuk keberlangsungan program konservasi, mahasiswa juga telah membentuk kelompok pemerhati konservasi lingkungan Desa Laut Biru, yang nantinya akan melanjutkan program upaya konservasi lingkungan setelah program KKN Kebangsaan berakhir.

"Kami juga mendorong Aparatur Desa untuk dapat mengeluarkan peraturan terkait pemanfaatan wilayah laut," ujarnya.

Mahasiswa KKN Kebangsaan Desa Laut Biru Kecamatan Bone Raya terdiri dari 7 mahasiswa yakni, Alvi Nur Faizatin ini (Univ. Trunojoyo Madura), Ferdian Wahyu Satria (ISI Padang Panjang), Haris Kurnia (Univ. Riau), Lia Asriqah (Univ. Mulawarman), serta Cindra Tagoi, Mohammad Andriyansyah Ismail, dan Rusmani Tasanif (UNG). (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61