Prof. Mahludin: KKN Kebangsaan Berbeda Dengan KKN Biasa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 18 Juli 2017 . 08:43:06

 

GORONTALO - Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan di Kabupaten Bone Bolango akan mulai dilaksanakan pada tanggal 22 Juli mendatang. Dan pelaksanaan progam kegiatan KKN Kebangsaan di masyarakat nanti, akan sangat berbeda dengan pelaksaaksanan KKN pada umumnya.

"KKN Kebangsaan merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa berskala nasional, yang pelaksanaan program pengabdiannya akan sangat berbeda dengan KKN pada umumnya," ungkap Wakil Rektor I UANG Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, saat menjadi narasumber pada Dialog Persiapan KKN Kebangsaan 2017, Minggu (16/7),.

Pada kegiatan KKN Kebangsaan, 600-an mahasiswa terbaik dari 58 Perguruan Tinggi akan fokus mengabdikan diri membangun desa dan masyarakat. Berbagai kegiatannya tidak akan fokus pada kegiatan seremonial maupun kegiatan bersifat fisik, namun lebih pada pemberdayaan dan penguatan potensi desa maupun masyarakat sekitar.

"Beberapa fokus utama program dalam KKN Kebangsaan diantaranya program konservasi lingkungan, serta program kegiatan inovatif mahasiswa dalam mendukung kedaulatan pangan berbasis pemberdayaan," ungkap Prof. Mahludin.

Selain mengusung program inovatif dalam pemberdayaan desa, mahasiswa KKN Kebangsaan juga membawa misi utama yakni sebagai agen perubahan dalam merajut dan menguatkan tali kebangsaan di masyarakat.

"Melalui KKN Kebangsaan mahasiswa akan hadir untuk merajut kebinekaan, serta bersama-sama mengatasi permasalah di masyarakat. Agar dapat mewujudkan negara yang adil dan makmur," pungkasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61