Prof. Dr. Arifin Tahir, M.Si, Mantan Supir yang Sukses Menjadi Profesor

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Maret 2017 . 15:19:12

 

GORONTALO – Prof. Dr. Arifin Tahir, M.Si telah resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Universitas Negeri Gorontalo. Namun pencapaian Arifin yang akrab disapa Ka Ipin tersebut, bukanlah pencapaian yang mudah. Perjuangan yang telah dilaluinya mampu mengantarkannya sukses sebagai akademisi.

Arifin Tahir, sosok yang boleh dikata sebagai seorang pejuang dalam berkarya. Bermodal SIM A, ia pun mencoba merintis karir di IKIP Negeri Manado Cabang Gorontalo yang kemudian dipercaya menjadi driver mobil pimpinan kampus kala itu. Dikenal sebagai sosok yang ulet bekerja sejak tahun 1982 sebagai pegawai administrasi dan menjadi sopir, tak menjadi hambatan baginya menuntut ilmu. Waktu senggang ketika menjadi driver inilah digunakan Arifin mengejar ketertinggalan di bangku kuliah. Bermodal semangat, tepatnya pada tahun 1986-1990 ia berhasil menamatkan Studi S1 di IAIN Ujung Pandang Filial Gorontalo. Sejak memperoleh gelar Sarjana, karirnya pun mulai nampak naik. Disamping dipercaya sebagai dosen luar biasa mata kuliah Pendidikan Agama, Arifin pun diberi kepercayaan menjabat Sekretaris Proyek Pengembangan Pendidikan Tinggi (P2T).

Pada tahun 1997, karirnya sebagai tenaga administrasi di STKIP Gorontalo ditinggalkan dan beralih Dosen di Jurusan Pendidikan Ekonomi STKIP Gorontalo. Disamping aktif sebagai Pegawai Negeri Sipil dan akademisi, Arifin juga terjun di dunia organisasi baik kemasyarakatan maupun organisasi politik. Ia pun diberi kepercayaan memimpin berbagai organisasi tersebut, diantaranya Ketua LKMD, Ketua AMPI, Wakil Ketua KNPI, Ketua Karang Taruna, Ketua BKM, Ketua Generasi Muda Kosgoro Kota Gorontalo, Sekretaris Kosgoro Provinsi Gorontalo, Ketua Bidang Kepemudaan Golkar Kota Gorontalo, Wakil Sekretaris Golkar Kota Gorontalo. Tahun 1998 Karirnya di bidang politik sebagai pengurus Golkar kandas dengan aturan PNS yang tak membolehkan menjadi pengurus partai.

 

 

Mundurnya Arifin dalam dunia politik, kesempatan tersebut dipergunakannya aktif mengurus organisasi kemasyarakatan, hingga tepat di tahun 2001 ia pun terpilih sebagai Ketua LKMD teladan se- Kota Gorontalo dan diundang ikut upacara 17 Agustus di Istana Negara. Tak sampai disitu, tahun 2000-2003 pria yang dikenal murah senyum ini melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang S2 di Universitas Samratulangi, Manado. Sejak tamat, selain banyak mengampu mata kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, juga diberikan kepercayaan memangku jabatan sebagai Kepala Bagian Kepegawaian IKIP Gorontalo hingga tahun 2005. Tak hanya itu, karir strukturalnya kembali berlanjut dengan menjabat Kepala Unit Humas dan Keprotokolan sampai tahun 2008.

Dipercaya menjabat beberapa posisi penting di kampus merah maron, memacu Arifin meningkatkan kualitas dan kapasitias keilmuan yang mendorongnya melanjutkan studi S3 di Universitas Negeri Makassar tahun 2008, dan puncaknya di tahun 2010 meraih gelar Doktor Bidang Administrasi Publik. Sejak itu, Arifin banyak memperoleh kepercayaan mengajar mata kuliah di Program Studi S2 maupun S3 di berbagai perguruan tinggi dan mengampu mata kuliah Manajemen SDM, Perilaku Organisasi, Kepemimpinan, Analisis Kebijakan Publik, Manajemen Strategi, Filsafat, Public Relation dan Keprotokoleran. Bahkan Arifin kerap diundang menjadi pembicara disejumlah media elektronik khususnya mengenai masalah kepublikan.

Perjuangan panjang dan melelahkan juga mewarnai upaya Arifin dalam merengkuh jabatan sebagai Profesor dibidang Ilmu Administrasi Publik. Namun berbekal tekad serta kerja keras selama 5 tahun terakhir, tepat pada tanggal 17 Januari tahun 2017 gelar akademik tertinggi sebagai Profesor dibidang Ilmu Administrasi Publik berhasil disandangnya, sesuai dengan Surat Keputusan yang telah ditandatangani Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Selama berkarir di Kampus Arifin kemudian dipercaya Rektor UNG Prof. Syamsu Qamar Badu, M.Pd kembali menjabat Direktur Humas dan Keprotokoleran sejak 2011 s.d 2012, selanjutnya 2013 sampai sekarang menjadi Direktur Perpustakaan UNG. Berkat keuletan dan daya juangnya, Arifin didaulat sebagai Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Provinsi Gorontalo dan pada tahun 2015 oleh Kepala Perpusnas RI ia dilantik sebagai Koodinator Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Sulawesi. Salah satu program unggulan yang sementara ditekuni dalam mengembangakan perpustakaan UNG yaitu menjadikan Perpustakaan Terintegrasi dengan seluruh Perguruan Tinggi (PT) di Provinsi Gorontalo bahkan Indonesia. Oleh sebab itu, langkah awal yang dilakukannya ialah membangun kerjasama dengan semua PT di Gorontalo bahkan dengan semua Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia.

 

 

Salah satu program inovatif yang berhasil ia lakukan dibidang perpustakaan diantaranya dengan menerapkan program SMART Card Library, yang menggandeng seluruh perguruan tinggi di Prov. Gorontalo. SMART Card Library merupakan kartu perpustakaan yang berbasis Teknologi Informasi memudahkan mahasiswa dalam mengakses bahan bacaan yang dimiliki PT yang melakukan kerjasama dengan UNG. Selain itu dibawah komando Arifin Perpustakaan UNG melakukan akreditasi untuk pertama kalinya, bahkan mampu mencatatkan akreditasi terbaik yakni A.

Menunjang karir akademiknya, Arta begitu sapaan akrabnya banyak melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, juga menulis buku dan jurnal yang dimuat diberbagai penerbit. Bahkan tulisannya menjadi salah satu unggulan pada sayembara Nasional Ketua Umum Apkasi (Isran Noor) dengan judul “Rekonstruksi Kepemimpinan Transparansi Dalam Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah”.

Sejumlah jurnal ilmiah yang dihasilkan, diantaranya 1) Kemiskinan Sebagai Problem yang tak Kunjung Selesai (Sisi lain dalam perspektif kebijakan public, Jurnal Pelangi Yogyakarta, 2010); 2) Good Governance dan Pelayanan Publik, Jurnal kebijakan Publik P2KP Prov. Gorontalo, 2011; 3) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Kebijakan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah di Kota Gorontalo, Jurnal AKuntansi FEB Univ. Tarumanegara Jakarta, 2012; 4) Sikap Aparatur Pemerintah Terhadap Implementasi Kebijakan Transparansi di Kota Gorontalo, Jurnal kebijakan Publik P2KP Prov. Gorontalo, 2012; 5) Analisis Implementasi Kebijakan Empat Pilar Pengembangan UNG, Jurnal Pedagogika FIP UNG, 2012; 6) Proses Implementasi Kebijakan Transparansi Manajemen Pemerintah Kota Gorontalo, Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univ. Brawijaya, 2013; 7) The Analysis of Powerty Dimishing Program in Gorontalo District, Indonesia Developing Country Studies, 2013; 8) Model Development of Powerty Alleviationin Gorontalo-Indonesia, Australian Jurnal of Basic and Applied Science, 2015; 9) Analysis of Publik Service Quality at Departement of Population and Civil Registration in Gorontalo City, International Journal of Applied Busines and Economic Research, 2016;.

 

 

Tak hanya jurnal ilmiah, selama berkarir sebagai dosen Arifin sukses menerbitkan 5 buku yang berkaitan dengan kebijakan publik, yakni 1) Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, penerbit Pustaka Press Jakarta (2011); 2) Implementasi Kebijakan Agropolitan, penerbit Pustaka Press Jakarta (2011); 3) Kebijakan Publik (Teori dan Aplikasi), penerbit Deepublish Jogyakarta (2013); 4) Perilaku Organisasi (Buku Ajar Pegangan dosen dan mahasiswa) penerbit Deepublish Jogyakarta (2014); 5) Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Edisi Revisi) penerbit Alfabeta Bandung (2014).

Selain itu, Arifin memiliki sejumlah pengalaman akademik membanggakan. Di tahun 2008 ia melakukan kunjungan akademik diberbagai Perguruan Tinggi di Malaysia, Thailand dan Singapore. Ia pun turut serta berpartisipasi pada Program Sandwinch di Ohio State University USA (2008-2009) dan di tahun 2013 mengikuti Seminar di Universitas Perlis Malaysia dan berbagai seminar internasional di dalam negeri. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61