Click here for English version.
Abdul Wahid Rauf A.Md. 17 Juni 2017
PRINSIP, TATA CARA DAN PROSEDUR UJIAN MASUK MELALUI SELEKSI MANDIRI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO TAHUN 2017

 

I. PRINSIP

Penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo diselenggarakan dengan prinsip:

1) Adil dan tidak diskriminatif, yaitu tidak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial, kondisi fisik, akuntabel, transparan, tidak diskriminatif (SARA), tidak membedakan, status sosial/ politik, tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa, dengan tetap memperhatikan potensi dan prestasi akdemik calon mahasiswa dan kekhususan program studi.

2) Akuntabel, yaitu dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria.

3) Transparan, yaitu pelaksanaan penerimaan dilakukan secara terbuka dan hasil pelaksanaan dapat diakses oleh semua pihak secara mudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

II. KETENTUAN UMUM

Seleksi Mandiri tahun 2017 merupakan seleksi yang dilakukan oleh Universitas Negeri Gorontalo dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis menggunakan komputer (Computer Based Testing/ CBT), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

 

III. PERSYARATAN

1. Pendaftaran

1) Bagi lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara, tahun 2014, 2015, dan 2016 harus sudah memiliki ijazah.

2) Lulusan 2017 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap yang sah.

3) Memiliki kesehatan memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran diprogram studinya.

4) Berkelakuan baik dan tidak terlibat dalam penggunaan dan peredaran narkoba.

5) Tidak buta warna bagi program studi tertentu (disarankan untuk memeriksakan diri sebelum mendaftar).

2. Penerimaan

1) Lulus Seleksi Mandiri 2017

2) Memiliki ijazah asli pada pendidikan menengah.

3) Khusus bagi lulusan sekolah luar negeri non Sekolah Republik Indonesia harus memiliki ijazah yang telah disetarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

4) Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing program studi penerima.

3. Biaya Pendidikan

Untuk calon mahasiswa yang mengikuti Seleksi Mandiri UNG tahun 2017, jika telah dinyatakan lulus bersedia membayar Biaya Pendidikan sesuai dengan Keputusan Rektor UNG.

IV. BIAYA SELEKSI UJIAN TERTULIS DAN KETERAMPILAN

1) Biaya seleksi peserta ujian seleksi mandiri sebesar Rp. 175.000,- (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah).

2) Biaya seleksi untuk ujian keterampilan sebesar Rp. 150.000,- (Seratus lima puluh ribu rupiah) setiap jenis ujian keterampilan. Pembayaran biaya seleksi untuk ujian keterampilan dilakukan bersamaan dengan pembayaran biaya seleksi ujian tertulis.

3) Biaya seleksi disetorkan melalui Bank BRI di seluruh Indonesia.

4) Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat diambil kembali dengan alasan apapun.

 

V. TATA CARA PENDAFTARAN

1) Pendaftaran dilakukan secara on-line dimulai tanggal 15 sampai dengan 7 Juli 2017 pukul 23.59 wita.

2) Tata Cara Pendaftaran

Ketentuan umum Pendaftaran on-line Seleksi Mandiri adalah sebagai berikut:

a. Tahap pertama calon peserta melakukan pendaftaran melalui website http://pmb.ung.ac.id. dengan menyiapkan:

i. Kartu identitas diri (KTP atau SIM atau Kartu Keluarga bagi yang belum berusia 17 tahun pada saat mendaftar).

ii. Pas photo terbaru (ukuran 4 x 6 cm format JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 200KB, menggunakan kemeja putih polos berkerah dengan latar merah maron, bagi yang berjilbab/ berkerudung diwajibkan memakai jilbab/kerudung berwarna putih.

iii. Ijazah asli SMA/SMK/MA/MAK/ijazah paket C (wajib untuk lulusan 2014-2016) atau Surat Keterangan Lulus Asli (lulusan 2017).

iv. Sertifikat Hasil Ujian Nasional Asli SMA/SMK/MA/MAK/ paket C (wajib untuk lulusan 2014-2016) atau Daftar Nilai Sementara (lulusan 2017).

v. Raport dari semester 1 sampai dengan 6 Asli.

vi. Surat Keterangan penghasilan orang tua (gabungan Ayah dan Ibu):

- Petani/Nelayan/Wiraswasta/lain-lain dari Kepala Desa atau Lurah .

- PNS/TNI/POLRI/Pegawai BUMN/BUMD, Pegawai Perusahaan/Swasta berupa slip gaji (bukan rekapitulasi gaji) masing-masing dari ayah dan atau Ibu yang ditandatangani oleh Bendahara instansi/perusahaan yang bersangkutan,

- Pensiunan, memperlihatkan buku tabungan pensiun asli masing-masing dari ayah dan atau Ibu serta menyerahkan photo copy buku tabungan pensiun..

vii. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/ Kartu Indonesia Sehat (KIS)/ Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/ Beasiswa Siswa Miskin (BSM) asli (apabila ada).

viii. Kartu Tanda Penduduk(KTP) kedua orang tua/ wali.

ix. Kartu keluarga.

x. Tagihan listrik 3 (tiga) bulan terakhir. Bagi yang menggunakan listrik pintar/tidak mempunyai aliran listrik, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah. Untuk Surat Keterangan mengunakan listrik pintar harus mencantumkan pemakaian rata-rata perbulan.

xi. Tagihan PDAM 3 (tiga) bulan terakhir. Bagi yang tidak berlangganan PDAM, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah.

xii. Setoran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) asli dari tempat tinggal setahun terakhir. Bagi yang tidak mempunyai rumah/menumpang dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah.

Berkas (asli) pada butir 2) huruf a dari romawi iii sampai xii di scan dan diunggah pada saat mengisi formulir biodata secara on-line.

Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran on-line sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar.Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan penerimaan.

b. Tahap kedua, calon peserta harus menyimpan serta mencetak file formulir Bukti Pendaftaran on-line, dan Surat Pernyataan yang memuat kesediaan mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku di UNG, dan kesedian membayar biaya pendidikan sesuai dengan Keputusan Rektor UNG.

b. Tahap ketiga, calon peserta melakukan pembayaran biaya seleksi melalui Bank BRI di seluruh Indonesia. Calon peserta akan menerima Tanda Bukti Pembayaran.

c. Tahap keempat, setelah mengisi biodata secara on-line calon peserta melakukan verifikasi di Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) UNG. Batas waktu verifikasi berkas hari Selasa, 11 Juli 2017 pukul 16.30 dengan membawa:

1) Hasil cetakan formulir pendaftaran seleksi mandiri yang sudah diisi secara on-line pada laman http://pmb.ung.ac.id.

2) Foto copy berkas pada point a butir 2) sampai dengan 11).

3) Surat Pernyataan (bermeterai) yang telah diisi, ditandatangani dan diketahui orang tua/ wali yang menanggung.

Berkas pada huruf d butir 1), 2) dan 3) di atas (masing-masing satu eksamplar) serta Tanda Bukti Pembayaran, dimasukan dalam map (snel hekter warna kuning muda) untuk diverifikasi oleh petugas.

d. Tahap kelima, pencetakan kartu ujian oleh petugas di BAKP UNG.

 

VI. JENIS UJIAN

1. Ujian Tertulis :

Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA), komponen mata uji terdiri atas Verbal, Numerikal, Figural, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

2. Ujian Keterampilan

a. Materi Ujian keterampilan Ilmu Keolahragaan terdiri dari:

1) Pemeriksaan Kesehatan:

Pengukuran Antropometri (Tinggi Badan Berdiri, Tinggi Badan Duduk, Berat Badan, Indeks Massa Tubuh/BMI), Pemeriksaan Postur dan Anggota Gerak (tangan dan kaki), Pemeriksaan Jantung (menggunakan pemeriksaan Tekanan Darah, Denyut Nadi Istirahat, serta pemeriksaan Fisik Dinding Dada), Pemeriksaan Fungsi Pernafasan, dan Pemeriksaan Indera (Mata, dan Telinga dan Verbal).

2) Tes Keterampilan Motorik: Vertical jump 1 menit, Sit-Up 1 menit, Push-Up 1 menit, Tes kelincahan (Illinois Agility Run Test), koordinasi mata tangan 30 detik, dan lari 1.600 meter.

b. Materi Ujian Keterampilan Seni, Drama, Tari dan Musik (Sendratasik)1) Seni Drama

a. Tes Praktik (monolog/soliloqui)

b. Tes Imitasi tubuh

c. Wawancara

(Panitia menyediakan naskah monolog ada saat ujian ketrampilan)

2) Seni Tari

a. Tes Tari Bentuk (tari daerah)

b. Tes Kreativitas Tari

c. Wawancara

(Peserta wajib menarikan tari daerah yang dikuasai dan membawa rekaman iringan tari yang akan digunakan sesuai pilihan dalam bentuk CD/flashdisk, panitia menyediakan property (kipas, selendang, kain panjang ukuran 1 m x 2 m, caping, marwas).

3) Seni Musik

a. Tes Musikalitas (ritmis, melodi, interval)

b. Tes Praktik Instrumen/Vokal

c. Wawancara

(Peserta membawa peralatan musik sesuai dengan pilihan. Panitia menyediakan: piano, keyboard, gitar akustik, gambus, marwas, recorder, stand part, polopalo)

c. Materi Ujian Keterampilan Seni Rupa (kriya, desain)

1) Tes Menggambar (suasana/ekspresi)

2) Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni.

d. Program Studi D3 Pariwisata

- Wawancara

e. Program Studi D3 Farmasi

- Wawancara

 

VII. JADWAL SELEKSI UJIAN

1. Pelaksanaan ujian tulis Seleksi Mandiri menggunakan komputer (Computer Based Testing; CBT) pada hari Kamis, 13 Juli 2017.

2. Pelaksanaan ujian keterampilan Seleksi Mandiri pada hari Jumat dan/atau Sabtu, 14 dan/ atau 15 Juli 2017.

 

VIII. PENYELENGGARAAN UJIAN KETERAMPILAN

Peserta ujian yang memilih program studi bidang Ilmu Keolahragaan dan/atau bidang Ilmu Seni diwajibkan mengikuti Ujian Keterampilan. Peserta Ujian Keterampilan dapat mengikuti ujian di program studi penyelenggara Ujian Keterampilan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Daftar program studi yang menyelenggarakan Ujian Keterampilan dilihat pada website http://pmb.ung.ac.id.

 

IX. KELOMPOK PROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILIHAN

1. Program studi yang dibuka untuk seleksi Mandiri adalah Program Sarjana (S1) dan Diploma III (D III).

2. Program Studi yang ada di UNG dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi kelompok Saintek, dan Soshum.

3. Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti yaitu:

a. Kelompok ujian Saintek dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi Saintek.

b. Kelompok ujian Soshum dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi Soshum

c. Kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok Saintek dan kelompok Soshum.

d. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

X. TEMPAT UJIAN SELEKSI MANDIRI

1. Pelaksanaaan ujian tulis untuk seluruh pilihan program studi dilaksanakan di Kampus I UNG Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo,

2. Pelaksanaaan ujian keterampilan:

3. Pelaksanaan Ujian Keterampilan Ilmu Keolahragaan dilaksanakan di Kampus III UNG Fakultas Olahraga dan Kesehatan.

4. Pelaksanaan ujian ketrampilan Sendratasik dilaksanakan Kampus I UNG di ruang laboratorium Sendratasik, ruang kuliah tari, dan ruang kuliah musik jurusan Pendidikan Sendratasik.

5. Pelaksanaan Ujian Keterampilan Seni Rupa dan desain dilaksanakan di Kampus I UNG di Laboratorium Kriya Gedung QQ Fakultas Teknik UNG.

 

XI. PENILAIAN HASIL UJIAN

a. Penilaian hasil ujian tulis menggunakan ketentuan sebagai berikut :

Jawaban benar = 1

Jawaban salah/Tidak Menjawab = 0

Mata ujian akan dinilai berdasarkan pembobotan tertentu dengan skala nol sampai seratus. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

b. Bobot Penilaian Ujian Keterampilan

- 40 % Ujian Tulis

- 60 % Ujian Keterampilan

 

XII. PENGUMUMAN

Hasil ujian akan diumumkan pada hari Senin, 17 Juli 2017 pukul 13.00 wita dan dapat diakses di laman http://ung.ac.d atau http://siat.ung.ac.id.

 

Agenda
4 Mei 2017
Wisuda 04 Mei 2017
Wisuda UNG
11 April - 05 Mei 2017
Pendaftaran SBMPTN 2017
SBMPTN 2017
11 November 2016
Seminar Internasional
Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"
11 November 2016
Southeast Asian Agriculture Student Conference
Seminar Mahasiswa ASEAN
Tautan Unit