PGSD dan Keperawatan Jadi Primadona SNMPTN di UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 18 Maret 2016 . 09:21:30

 

GORONTALO – Pada pendaftaran mahasiswa baru tahun 2016 melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Universitas Negeri Gorontalo menarik minat 5401 calon mahasiswa sebagai tempat selanjutnya dalam melanjutkan pendidikan ditingkat Perguruan Tinggi. Dari 5401 pendaftar tersebut, Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Prodi Keperawatan menjadi Prodi primadona dikalangan calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui SNMPTN.

“Dari seluruh Prodi S1 yang bernaung di UNG, peringkat pertama yang peminatnya terbanyak pada SNMPTN kemarin adalah Prodi PGSD, dan yang terbanyak kedua yakni Prodi Keperawatan,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP., saat memimpin Upacara Korpri di lingkungan Civitas Akademik UNG, (17/3).

Untuk Prodi PGSD kata Mahludi, peminat yang mendaftar mencapai 500 lebih calon mahasiswa, sedangkan daya tampung untuk Prodi PGSD pada SNMPTN hanya sekitar 60 mahasiswa. Sedangkan untuk Prodi keperawatan sendiri, dari 36 kuota mahasiswa yang dibuka pada SNMPTN jumlah peminatnya berjumlah 444 pendaftar.

“Dengan kuota mahasiswa yang terbatas, persaingan pada dua Prodi tersebut akan sangat sengit. Sehingga bukan tidak mungkin akan banyak calon mahasiswa yang tidak akan tertampung pada jalur SNMPTN,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Mahludin, meski kuota calon mahasiswa pada jalur SNMPTN cukup terbatas, tidak menutup kemungkinan pada jalur pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), kedua Prodi tersebut akan kembali membuka kuota penerimaan mahasiwa baru sesuai dengan kapasitasnya.

“Untuk masuk pada Prodi favorit tentunya persaingan yang akan dihadapi cukup berat, sehingga hanya kemampuan dan kualitas dari calon mahasiswa itu sendiri yang bisa mengatarkan mereka menempuh pendidikan pada Prodi yang diinginkan,” tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61