PGSD dan Keperawatan Jadi Primadona SNMPTN di UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 18 Maret 2016 . 09:21:30

 

GORONTALO – Pada pendaftaran mahasiswa baru tahun 2016 melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Universitas Negeri Gorontalo menarik minat 5401 calon mahasiswa sebagai tempat selanjutnya dalam melanjutkan pendidikan ditingkat Perguruan Tinggi. Dari 5401 pendaftar tersebut, Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Prodi Keperawatan menjadi Prodi primadona dikalangan calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui SNMPTN.

“Dari seluruh Prodi S1 yang bernaung di UNG, peringkat pertama yang peminatnya terbanyak pada SNMPTN kemarin adalah Prodi PGSD, dan yang terbanyak kedua yakni Prodi Keperawatan,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP., saat memimpin Upacara Korpri di lingkungan Civitas Akademik UNG, (17/3).

Untuk Prodi PGSD kata Mahludi, peminat yang mendaftar mencapai 500 lebih calon mahasiswa, sedangkan daya tampung untuk Prodi PGSD pada SNMPTN hanya sekitar 60 mahasiswa. Sedangkan untuk Prodi keperawatan sendiri, dari 36 kuota mahasiswa yang dibuka pada SNMPTN jumlah peminatnya berjumlah 444 pendaftar.

“Dengan kuota mahasiswa yang terbatas, persaingan pada dua Prodi tersebut akan sangat sengit. Sehingga bukan tidak mungkin akan banyak calon mahasiswa yang tidak akan tertampung pada jalur SNMPTN,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Mahludin, meski kuota calon mahasiswa pada jalur SNMPTN cukup terbatas, tidak menutup kemungkinan pada jalur pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), kedua Prodi tersebut akan kembali membuka kuota penerimaan mahasiwa baru sesuai dengan kapasitasnya.

“Untuk masuk pada Prodi favorit tentunya persaingan yang akan dihadapi cukup berat, sehingga hanya kemampuan dan kualitas dari calon mahasiswa itu sendiri yang bisa mengatarkan mereka menempuh pendidikan pada Prodi yang diinginkan,” tandasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0