Peserta PPG Dibekali Latihan Dasar Kepemimpinan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 Januari 2016 . 12:22:00

GORONTALO – Dalam mewujudkan peningkatan profesionalisme guru dimasa mendatang, Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Gorontalo memberikan pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) kepada Peserta Program PPG Pasca Program SM-3T Tahap III, Kamis (21/1). Di Ballroom Hotel Misfallah Kota Gorontalo.

Ketua Panitia Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si mengungkapkan, pembekalan LDK kepada peserta Program PPG Pasca Program SM-3T Tahap III merupakan salah satu instrument penting yang harus diikuti. Karena selain sebagai wadah membekali diri dengan pengetahuan kepemimpinan, pelatihan ini juga sebagai instrument penilaian peserta.

“Selain kegiatan pramuka, outbond, serta kehidupan selama di asrama, latihan LDK sangat berpengaruh sebagai instrument yang akan dinilai kepada seluruh peserta,” ungkap Muchtar.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, jiwa kepemimpinan merupakan salah satu unsur yang harus dimiliki seorang guru profesional. Karena tentunya akan mendukung tugas dan fungsinya dalam memberikan pengejaran kepada siswa di sekolah.

 

 

Menurut Rektor, kepemimpinan memiliki 3 unsur yang saling berkaitan yakni Pimpinan, pengikut dan komunikasi antar pimpinan dan pengikut. Ketiganya harus bisa terus bersinergi dalam mencapai tujuan bersama maupun organisasi.

Dijelaskan Rektor, pemimpin sangat penting sebagai sentrum perubahan nilai di masyarakat. Sehingga pemimpin kata Rektor, harus bisa menerima kritikan dari setiap orang. Dengan kritikan tersebut sebagai bahan evaluasi atas beragam kebijakan yang telah diambil.

“Jika seorang pemimpin banyak dikritik, berarti orang memberi memperhatikan khusus kepada dia. Olehnya pemimpin itu harus banyak mendengar dibandingkan dengan banyak bicara,” terang Rektor. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0