Peserta PPG Dibekali Latihan Dasar Kepemimpinan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 Januari 2016 . 12:22:00

GORONTALO – Dalam mewujudkan peningkatan profesionalisme guru dimasa mendatang, Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Gorontalo memberikan pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) kepada Peserta Program PPG Pasca Program SM-3T Tahap III, Kamis (21/1). Di Ballroom Hotel Misfallah Kota Gorontalo.

Ketua Panitia Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si mengungkapkan, pembekalan LDK kepada peserta Program PPG Pasca Program SM-3T Tahap III merupakan salah satu instrument penting yang harus diikuti. Karena selain sebagai wadah membekali diri dengan pengetahuan kepemimpinan, pelatihan ini juga sebagai instrument penilaian peserta.

“Selain kegiatan pramuka, outbond, serta kehidupan selama di asrama, latihan LDK sangat berpengaruh sebagai instrument yang akan dinilai kepada seluruh peserta,” ungkap Muchtar.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, jiwa kepemimpinan merupakan salah satu unsur yang harus dimiliki seorang guru profesional. Karena tentunya akan mendukung tugas dan fungsinya dalam memberikan pengejaran kepada siswa di sekolah.

 

 

Menurut Rektor, kepemimpinan memiliki 3 unsur yang saling berkaitan yakni Pimpinan, pengikut dan komunikasi antar pimpinan dan pengikut. Ketiganya harus bisa terus bersinergi dalam mencapai tujuan bersama maupun organisasi.

Dijelaskan Rektor, pemimpin sangat penting sebagai sentrum perubahan nilai di masyarakat. Sehingga pemimpin kata Rektor, harus bisa menerima kritikan dari setiap orang. Dengan kritikan tersebut sebagai bahan evaluasi atas beragam kebijakan yang telah diambil.

“Jika seorang pemimpin banyak dikritik, berarti orang memberi memperhatikan khusus kepada dia. Olehnya pemimpin itu harus banyak mendengar dibandingkan dengan banyak bicara,” terang Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61