Persiapan UTBK SBMPTN 2019 Terus Dipermantap

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Maret 2019 . 10:12:24

 

GORONTALO – Dengan diterapkannya sistem ujian berbasis online yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada tahap Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, membuat UNG terus gencar memberikan pemahaman tentang metode UTBK. Untuk itu UNG melakukan workshop dan Pelatihan Sistem UTBK 2019, dengan menyasar para pengawas ujian UTBK sebagai fokus pelatihan, Minggu (4/3),.

Menurut Dr. Sukarman Kamuli, M.Si, selaku penanggungjawab kegiatan, Workshop dan Pelatihan sengaja terfokus pada pengawas ujian karena merupakan elemen pendukung pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019. Terlebih sebagai unsur pendukung UTBK, pengawas ujian memiliki tanggung jawab dan pengaruh besar dalam memastikan suksesnya pelaksanaan ujian nanti.

“Pelatihan ini menjadi komitmen kita untuk mewujudkan pelaksanaan UTBK yang sukses tanpa adanya masalah,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan UTBK di Provinsi Gorontalo kata Sukarman, para peserta dapat mengikuti tahap ujian di 6 lokasi ujian yakni berlokasi di UNG, SMA 1 dan SMA 3 Kota Gorontalo, serta SMK 1, SMK 2 dan SMK 3 Kota Gorontalo.

“Beberapa mitra kita libatkan dalam memenuhi kebutuhan fasilitas UTBK di Gorontalo. Insyaallah dukungan para mitra khususnya Sekolah dapat menyukseskan pelaksanaan UTBK di Gorontalo,”harapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, M.P, mengingatkan bahwa tahap ujian seleksi SBMPTN seluruhnya telah berbasis komputer dilakukan secara online tanpa ada lagi ujian berbasis kertas. Pelaksanaannya hanya dilakukan dilokasi dan waktu tertentu yang dipandu langsung oleh para pengawas khusus.

“Proses dan kesuksesan pelaksanaan ujian oleh peserta sangat tergantung dari para admin dan pengawas. Untuk itu fungsi peran pengawas harus dipermantap agar proses ujian dapat berjalan sukses melalui workshop dan pelatihan,” terangnya.

Dengan begitu pentingnya peran admin dan pengawas, Mahludin berharap dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara teliti dalam menjamin keberhasilan proses UTBK nanti. “Dengan siapnya sarana dan prasarana serta perangkat pendukung ujian utamanya pengawas, insyaallah proses UTBK di Gorontalo dapat berjalan lancar,” tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61