Perkuat Kapasitas OKG, SDGs Center UNG Gelar Pelatihan Kontekstual

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 11 Oktober 2021 . 15:55:06

GORONTALO – Untuk memperkuat jaringan mitra organisasi keagamaan baik sesama organisasi keagamaan maupun dengan NSA, CSR dan juga pemerintah,  maka organisasi keagamaan perlu diperkuat juga dengan metode komunikasi SDGs. Atas dasar itu, SDGs center UNG menggelar pelatihan kontekstual panduan komunikasi program SDGs bagi Organisasi Keagamaan (OKG).

Ketua panitia kegiatan Dr. Mungkizul Uman Kau mengungkapkan, pelatihan dilakukan untuk memperkuat kapasitas OKG (muhamadiyah, NU, Baznas, Lazismu, FKUB, pondok pesantren) dalam menyusun desain komunikasi SDGs yang strategis, dalam mengkomunikasikan program yang selaras dengan indikator SDGs.

“Baik yang telah dilaksanakan maupun yang direncanakan sehingga konten komunikasi dapat membangun kemitraan yang mendorong pencapaian target SDGs,” ungkap Mungkizul.

Dalam materinya kepala pusat SDGs UNG Dr. Raghel Yunginger, M.Si, mengulas kembali program-program OKG yang selaras dengan indikator SDGs yang telah disusun oleh OKG pada saat workshop evaluasi SDGs. Menurutnya secara umum perencanaan program-program OKG dan realisasinya telah menyentuh 4 pilar SDGs baik pilar pembangunan sosial, ekonomi, lingkungan maupun hukum dan tata kelola.

“Namun hal ini masih perlu ditingkatkan dan perlu dilakukan evaluasi yang dapat mengukur ketercapaian program serta identifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pencapaian target program yang selaras dengan SDGs,” ujarnya.

Untuk memperkuat kapasitas OKG dalam menyusun desain komunikasi SDGs, pelatihan menghadirkan langsung Juara Elyas Tampubolon selaku communication advisor, dari Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH. Elyas menyampaikan bahwa tujuan komunikasi SDGs bagi OKG ini adalah membuat umat tahu, tertarik, dan mempromosikan SDGs sehingga semua sadar untuk turut berkontribusi dalam pencapaian SDGs.

Pada kesempatan ini juga sebagai bentuk dukungan SDG Center UNG kepada OKG maka telah disiapkan Buletin SDGs UNG dan juga website SDG Center yang dapat mewadahi informasi dan promosi data, kelembagaan dan program setiap OKG sehingga dapat membangun kemitraan dengan mitra pembangunan lain baik di Gorontalo maupun di luar Gorontalo. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0