Peringati Hari Pangan Sedunia, Mahasiswa ITP Gaungkan Pemanfaatan Pangan Lokal

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 Oktober 2019 . 16:20:00

 

GORONTALO – Berbagai macam cara dilakukan oleh masyarakat dalam memperingati hari pangan sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober. Khusus bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Teknologi Pangan (ITP), hari pangan sedunia dimaknai dengan menggaungkan pemanfaatan pangan lokal melalui kegiatan Seminar dan Expo bertema Optimalisasi Pangan Lokal Menuju Ketahanan Pangan Daerah, Rabu (16/10),.

Menurut Ketua HMJ ITP dalam memperingati hari pangan sedunia, mahasiswa ITP berupaya menggaungkan pemanfaatan pangan lokal, untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan lokal. Karena selain sebagai cara untuk ketahana pangan daerah, mengoptimalkan pangan lokal dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

“Mahasiswa ITP berkeinginan agar pangan lokal bisa menjadi primadona di daerah sendiri. Untuk itu, mahasiswa berupaya merangsang semangat masyarakat melalui wadah Seminar dan Expo ini,” ungkapnya.

Sementara itu Pimpinan Jurusan ITP Purnama Ningsih S. Maspeke, S.TP., M.Sc, menjelaskan pangan lokal memegang peran penting dalam kehidupan masyarakat, bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan pokok makan tapi juga sebagai penopang ekonomi masyarakat.

Menurutnya potensi pangan lokal Gorontalo untuk bisa Berjaya di daerah sendiri sangatlah besar. Karena selain pangan lokal tersebut memiliki banyak manfaat, juga dapat diolah dalam berbagai bentuk makanan sehingga menjadikannya memiliki nilai jual lebih.

“Kunci untuk memaksimalkan pangan lokal Gorontalo dengan menggali potensi pangan tersebut, serta mengkreasikannya menjadi pangan yang enak dan menarik sehingaa menarik minat masyarakat,” terangnya.

Selain itu, untuk meningkatkan peran pangan dapat dilakukan dengan dukungan dari 3 sektor yakni Pemerintah Daerah, Sektor Industri serta kalangan akademisi yang dapat saling menopang untuk memperkuat kualitas pangan lokal itu sendiri. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61