Peringati Hari Menanam Pohon Sedunia, Biologi Laksanakan Seminar Nasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 November 2019 . 15:41:00

 

GORONTALO – Memperingati hari menanam pohon sedunia tahun 2019, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) melaksanakan Seminar Nasional Biologi dan Sains (Sembiosis), Kamis (28/11), di Ballroom Grand Q Hotel. Seminar Nasional dilaksanakan dengan tema literasi Biologi dalam mendukung edukasi serta pemanfaatan sumber daya hayati yang berkelanjutan di era revolusi industri 4.0.

Panitia Pelaksana Dr. Dewi Wahyuni K. Baderan, S.Pd., M.Si., mengatakan, Sembiosis dilaksanakan dengan mengangkat berbagai isu pendidikan, biologi terapan, botani, zoologi, genetika, lingkungan dan mikrobiologi yang berkembang saat ini.

Menurut Dewi, Literasi sains khususnya dalam bidang biologi (Scientific Literacy Biology) didefinisikan sebagai pengetahuan dan penggunaannya untuk mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti sebagai pemahaman atas sains dan aplikasinya bagi kehidupan masyarakat.

“Literasi sains khususnya dalam bidang biologi diperlukan untuk menjawab tantangan di era revolusi industri atau di era pabrik cerdas sehingga arah atau tujuan dari revolusi industri 4.0 dapat sejalan dengan penggunaan teknologi yang cerdas khususnya dalam mengolah sumber daya hayati yang berkelanjutan,” terangnya.

Rektor UNG yang diwakili Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si, berharap seminar dapat membuka wawasan serta merangsang berbagai pengetahuan baru khususnya mengenai literasi Biologi. Terlebih dalam menghadapi era revolusi industry 4.0, semangat literasi dapat diharapkan dapat mendukung penguatan proses pendidikan maupun penelitian yang berkualitas. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0