Penutur Asing Dilatih Berbahasa Indonesia

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 23 April 2016 . 08:26:00

 

UNG –Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo gelar Lokakarya Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Kamis (21/04).

“Melalui Lokakarya ini kita ingin mengetahui tentang teknik bagaimana cara mengajarkan bahasa Indonesia kepada orang yang belajar Bahasa Indonesia dari nol,” kata Ketua Panitia Lokakarya BIPA, Dr. Munkizul Umam Kau, S.Fil.I., M. Phil.

Ia menuturkan Bahasa Indonesia memiliki jumlah penutur terbesar ke-4 di dunia, termasuk penutur diluar Indonesia dan merupakan Bahasa terpaforit keempat di Australia. Oleh karena itu Kemenristek dan Kemendikbud banyak menerima permintaan pengajar Bahasa Indonesia. Di Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia sendiri telah terdapat satu Mata Kuliah Pilihan tentang BIPA.

Persyaratan universitas yang bisa mengajukan proposal, mengirimkan peserta atau tenaga pengajar Bahasa Indonesia keluar Negeri hanya satu, kata Munkizul yakni memiliki Jurusan atau Prodi Bahasa Indonesia. “Entah Tenaga pengajarnya yang kita kirim ataupun nanti mahasiswanya atau orang-orang asing yang ingin belajar Bahasa Indonesia yang bisa datang ketempat ini,” katanya.

Lokakarya ini menghadirkan Ketua Asosiasi BIPA seluruh Indonesia ini Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd sebagai pemateri dan diikuti oleh dosen dan mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia. Selanjutnya pihak Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia berencana untuk mengadakan Lokakarya dan Workshop untuk calon pengajar Bahasa Indonesia pada penutur Bahasa Asing yang akan dibuka untuk masyarakat umum, mahasiswa, serta para pengajar Bahasa Indonesia yang ingin menjadi pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Bahasa Asing. (San)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61