Peningkatan Kompetensi Pedagogik Penting untuk Optimalkan Implementasi K-13

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 April 2018 . 10:06:00

Dipaparkan Mahasiswa Pascsarjana UNG Dalam Ujian Tesis 

 

 

GORONTALO – Penerapan kurikulum 2013 telah diberlakukan pemerintah sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun dalam penerapannya kurikulum 2013 masih belum berjalan secara optimal dan menimbulkan sejumlah problematika dibidang pendidikan.

Untuk mengoptimalkan penerapan kurikulum tersebut, mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo program Magister Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Firawaty Tanaiyo, berupaya mengulas penerapan kurikulum khususnya pada mata pelajaran PKN melalui Tesis dengan judul Kompetensi Pedagogik Guru PKN dalam pelaksanaan kurikulum 2013 denga studi kasus di SMA se Kota Gorontalo.

Dalam pemaparannya Tesisnya, Firawaty dalam kurikulum 2013 sangat membingungkan guru2 terutama matapelajaran PPkn di SMA negeri Se kota Gorontalo, sehingga guru Pun mengalami kesulitan dalam menyelesaikan perangkat pembelajarn dan admnistrasi lainya. Belum ditambah beban mengajar guru yang di tuntut harus 24 jam mengajar, dengan Jumlah rombongan belajar yang melebihi 20 org dalam 1 kelas.

Optimalisasi penerapan Kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran PKN menurut Firawaty, sangat tergantung dari kompetensi pedagogik seorang guru yang meliputi guru atau sumber daya Guru serta pengalaman mengajar guru. Adapun untuk meningkatkan kualitas kompetensi pedagogik para guru, dapat dilakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan guru atau Diklat.

“Selain itu upaya tersebut harus juga didukung oleh pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran, berupa LCD, buku paket PKN, Internet masing2 sekolah yg bisa di akses oleh seluruh siswa sehingga siswa lebih aktif dalam belajar, dengan mencari dan menemukan sendiri materi yang diajarkan guru terutama dalam pemecahan masalah,” jelas Firawaty.

 

 

Diakhir pemaparannya meningkatnya kompetensi guru PKN yang inovatif dan kreatif dalam pembelajaran, Firawaty menghimbau agar para Guru khususnya pengampuh mata pelajaran PKn dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi lagi agar pendidikan dan cita-cita mencerdaskan anak bangsa dapat terwujud dengan baik.

“Selain melalui pelatihan dan Diklat, peningkatan kemampuan melalui jalur pendidikan formal pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi juga dapat mendukung kemampuan individu guru dalam proses belajar mengajar kepada siswa,” terangnya.

Sementara itu Ketua Program Magister PKN Dr. Jusdin Puluhulawa, SH,. M.Si, menilai kombinasi antara peningkatan kemampuan guru melalui proses pendidikan dan pelatihan serta pendidikan formal, sangat penting untuk menghasilkan guru berkualitas yang kreatif dan inovatif.

“Guru adalah ujung tombak penerapan kurikulum 2013, sehingga jika didukung kemampuan yang baik penerapan kurikulum tersebut dapat berjalan baik,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61