Pengabdian Masyarakat Bersama Jurusan ITK - Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 November 2016 . 10:41:15

Beri Penyuluhan Kebencanaan Bagi Siswa Sekolah se Kec.Tapa 

 

 

GORONTALO - Bencana alam sering kali menjadi salah satu permasalahan yang kerap menimbulkan kerugian di masyarakat. Untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada masyarakat tentang bencana alam, Jurusan Ilmu Teknologi Kebumian dan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, berupa penyuluhan Kebencanaan Bagi siswa SMP/MTs se Kec. Tapa, Jumat (18/11), di SMPN 1 Tapa.

Pelaksanaan penyuluhan melibatkan sejumlah dosen diantaranya Prof. Dr. Moh Karmin Baruadi, M.Hum, yang mengulas materi penyuluhan konservasi budaya dan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal, Dr. Sunarty Eraku, M.Pd, menyampaikan materi Mitigasi/penanggulangan bencana, Syahrizal Koem, M.Si membawakan materi bencana alam yang disebabkan cuaca dan iklim, serta Noviar Akase, ST, M.Sc, menyampaikan materi Geologi dan potensi bencana.

Dr. Sunarty Eraku, M.Pd menuturkan, penyuluhan dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan, kreatifitas serta keterampilan siswa dan guru sekolah, dalam menanggulangi bencana alam. Dengan adanya pemahaman tersebut, diharapkan dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam.

"Peserta penyuluhan juga dilatih menanggulangi bencana ketika sebelum bencana, kemudian pada saat terjadi bencana, dan pasca terjadinya bencana alam," tutur Dr. Sunarty.

Penyuluhan kata Dr. Sunarty, sengaja melibatkan Sekolah, karena Sekolah merupakan pusat segala kegiatan pembelajaran, dan terjadinya interaksi antara siswa, orang tua dan lingkungan.

"Melalui penyuluhan ini diharapkan dapat menghasilkan siswa dan guru yang terlatih dalam menanggulangi bencana alam pada saat sebelum terjadinya bencana. Siswa Sekolah yang menjadi objek penyuluhan juga diharapakan berperan sebagai penyebar informasi di masyarakat, khususnya lingkungan keluarga," harapnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61