Peneliti Universitas Hawai Gandeng Peneliti UNG Teliti Bahasa Daerah Gorontalo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 29 Juni 2018 . 15:16:00

 

GORONTALO – Dua orang peneliti berasal dari Universitas Hawai bakal menjajaki kerjasama penelitian dengan peneliti dari Universitas Negeri Gorontalo. Rencana kerjasama untuk melakukan penelitian bahasa daerah di Gorontalo tersebut terungkap dalam kunjungan yang dilakukan oleh Russell Barlow dan Collen O’Brien ke Universitas Negeri Gorontalo, Kamis (28/6),.

Penelitian kolaborasi dengan Dosen dari Fakultas Sastra dan Budaya UNG yakni Dr. Dakia Djou, M.Pd, dan Dr. Fatma Umar, M.Pd akan terfokus meneliti Bahasa Suwawa dan Bahasa Gorontalo. Dr. Dakia mengungkapkan, penelitian yang dilakukan oleh peneliti Universitas Hawai dalam rangka mencapai gelar Profesor dari ke dua peneliti tersebut.

“Pada prinsipnya peneliti UNG sangat siap untuk saling berkolaborasi dalam kerjasama penelitian ini. Terlebih bidang ilmu yang diteliti sesuai dengan apa yang kami dalami,” ungkap Dr. Dakia.

Menurut Dr. Dakia, dipilihnya bahasa daerah Suwawa dan Gorontalo sebagai objek penelitian dikarenakan para peneliti tersebut sangat tertarik dengan kedua bahasa daerah yang sering digunakan masyarakat di Gorontalo. “Kolaborasi ini sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat luar negeri akan kelebihan dan keunikan bahasa masyarakat Gorontalo. Kemungkinan penelitian akan dilakukan awal tahun depan selama satu tahun lamanya,” terangnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi Prof. Dr. Hasanuddin Fatsah, M.Hum, menyambut baik rencana kolaborasi peneliti luar negeri dengan peneliti UNG. Karena selain penting untuk memperkenalkan bahasa daerah di Gorontalo, juga sebagai wadah memperkuat eksistensi para peneliti UNG di mata masyarakat luar negeri. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61