Pendidikan Geografi Permantap Proses Pendidikan Melalui Revitalisasi Kurikukum

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 November 2016 . 10:09:51

 

GORONTALO - Meskipun telah mampu mengantongi akreditasi A Program Studi (Prodi), Prodi Pendidikan Geografi terus melakukan perbaikan dalam mewujudkan proses pendidikan yang semakin baik lagi. Hal ini diwujudkan dengan dilakukannya Revitalisasi Kurikukum pendidikan, Kamis (3/11), di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Ketua Jurusan Ilmu Teknologi Kebumian Dr. Sunarty Suly Eraku, S.Pd., M.Pd, yang menaungi Prodi Pendidikan Geografi menuturkan, beberapa waktu lalu Prodi Pendidikan Geografi telah memperoleh hibah penyusunan kurikulum. Dan revitalisasi kurikulum kata Dr. Sunarty, dilakukan sebagai pengembangan kurikulum yang telah ada, sesuai standar KKNI, Dikti dan Sekolah.

"Revitalisasi kurikulum merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan Prodi Pendidikan Geografi. Terlebih dengan status akreditasi A, membuat Prodi ini dituntut untuk dapat mampu memberikan pendidikan yang semakin baik lagi," ungkap Dr. Sunarty.

Dijelaskannya revitalisasi kurikulum sengaja melibatkan stake holder khusus para Guru sejumlah Sekolah, untuk penyesuaian terhadap materi apa saja yang dibutuhkan dalam mendidik para mahasiswa. Karena memang output dari Prodi Pendidikan Geografi salah satunya bergelut dengan profesi guru Sekolah.

"Selain guru sekolah kami juga melibatkan beberapa stake holder pengguna Output dari Prodi Pendidikan Geografi. Karena selain menjadi Guru, lulusan Prodi ini juga bergelut dengan beberapa bidang kerja lainnya salah satunya sebagai seorang analis," jelas Dr. Sunarty.

Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, mengatakan, revitalisasi kurikulum yang dilakukan jajaran FMIPA, merupakan upaya untuk menjawab tantangan, dimana kurikulum yang ada di Perguruan Tinggi ingin disamakan dengan kurikulum yang ada di Sekolah.

"Revitalisasi juga merupakan lanjutan dari forum MIPA beberapa waktu lalu, untuk menyamakan persepsi kurikulum Perguruan Tinggi. Agar nantinya ketika program pertukaran mahasiswa tidak akan ada kendala lagi dalam proses pengambilan SKS perkuliahan," terang Prof. Evi.

Sementara itu Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengatakan, sebagai salah satu Prodi terbaik di UNG, sudah seharusnya Pendidikan Geografi terus berakselerasi meningkatkan kualitas pendidikannya. Karena dengan telah berakreditasi A, style pendidikan yang dilakukan sudah Harus berbeda dengan sebelumnya. Baik itu meliputi proses pembelajaran maupun pembinaan mahasiswa. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61