Pemuda dan Institusi Pendidikan Berperan Penting Dalam Pelestarian Budaya

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 9 November 2016 . 11:49:00

 

GORONTALO - Pelestarian nilai adat serta kebudayaan daerah membutuhkan peran aktif seluruh pihak khususnya masyarakat. Namun lebih dari itu, generasi muda dan institusi pendidikan juga memiliki peran penting, sebagai ujung tombak dalam upaya pelestarian adat dan kebudayaan.

"Upaya pelestarian kebudayaan menjadi sangat penting. Dan untuk mewujudkan upaya pelestarian tersebut 2 unsur perlu digandeng yakni Institusi Pendidikan dan generasi muda," ungkap Rektor UNG saat memberikan sambutan pada pembukaan Kongres Kebudayaan Gorontalo, Selasa (8/11), di TC Damhil UNG.

Peran institusi pendidikan khususnya Perguruan Tinggi memikiki peran penting, karena menjadi salah satu sumber berkembangnya ilmu pengetahuan dan riset. Dimana banyak riset yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan umum, juga banyak sekali yang bersentuhan dengan nilai adat dan kebudayaan.

"Di UNG khususnya Fakultas Sastra dan Budaya banyak dosen melakukan riset yang berkaitan dengan kebudayaan masyarakat Gorontalo. Ini penting sebagai upaya menjaga dan melestarikan adat dan budaya sebagai aset daerah dan masyarakat," jelas Rektor.

Selain itu menurut Rektor, dalam pelestarian budaya juga harus melibatkan generasi muda sebagai ujung tombak. Karena dewasa ini jika berbicara tentang Budaya identik dengan Orang Tua, dan jarang sekali melibatkan generasi muda.

Salah satu wadah yang digunakan kata Rektor dengan membentuk Forum khusus yang melibatkan seluruh elemen generasi muda baik itu siswa, mahasiswa maupun organisasi kepemudaan, yang memiliki kepedulian dan komitmen bersama dalam mengawal melestarikan adat dan budaya Gorontalo.

"Generasi muda harus diberikan peran dan tanggung jawab lebih dalam mengawal pelestarian budaya. Karena mereka juga memiliki tanggung jawab akan hal tersebut. Dan mereka harus senantiasa kita wadahi dan Semangati agar mampu menjalankannya perannya dengan baik," tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61