Pementasan Drama Dorong Kreatifitas Mahasiswa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 11 Januari 2016 . 09:00:11

 

UNG (HUMAS) – Fakultas Sastra dan Budaya Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo gelar pementasan drama di gedung Indoor UNG Jumat (08/01) hingga Sabtu (09/11). Kegiatan yang merupakan yang dilaksanakan bagi mahasiswa Bahasa Inggris semester Lima yang mengambil matakuliah Drama.

Menurut Dosen Pengampuh Mata Kuliah Drama Farid Muhamad, S.Pd, M.A mengungkapkan pementasan drama ini bertujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa di bidang Drama.

Dalam Silabus matakuliah Drama kata Farid “telah diprogramkan bahwa mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang elemen-elemen drama, mampu mengkaji drama yang nantinya akan digunakan dalam penyusunan skripsi terkait Drama maupun karya sastra, serta mampu mementaskan drama tersebut,” ungkapnya.

Adapun mahasiswa yang mementaskan Drama kali ini terdiri dari Lima kelas, dimana masing-masing kelas mementaskan dua jenis drama yakni drama local maupun yang drama karya mahasiswa itu sendiri serta drama yang diadopsi dari drama, novel, cerita-cerita Inggris maupun Amerika.

“Jadi mereka bisa tampil diatas pentas, secara nyata menghidupkan karya-karya drama yang mereka ciptakan sendiri,” lanjut Farid.

 

 

Selain itu, Ketua Panitia kegiatan pementasan Drama Sandi Sutrisno mengatakan persiapan Drama ini telah dilaksanakan oleh para mahasiswa selama lima bulan terhitung sejak dikontraknya matakuliah ini. Mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Drama ini sebelumnya diberi bekal teori terkait Drama dan Karya Sastra, baru kemudian diberi waktu setengah semester untuk latiahan serta memersiapkan acara pementasan drama mereka sehingga dapat dipastikan pementasan Drama ini murni hasil karya mahasiswa.

“Melalui kegiatan ini, selain kita mendapatkan pengetahuan lebih tentang drama serta mendapatkan kesempatan untuk menampilkan hasil karya kita, kita belajar saling memahami, bekrja sama, kerja tim,” kata Sandi.

Pementasan Drama bagi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris semester lima ini telah dilaksanakan sejak tahun 2011. Sehingga kegiatan ini menjadi agenda Jurusan yang dinamai Art Fair yang rencananya akan dilanjutkan dengan kegitan CCU (Cross Cultural Understanding) bagi mahasiswa semester III Jurusan Bahasa Inggris. Terdapat sepuluh Drama menarik dan luar biasa dipentaskan pada kegiatan ini. Kesepuluh Drama tersebut adalah The Legend Ends, Fajar dalam Gelap, Assalamualaikum Hulonthalo, Gie 2, Tabubalenya Bentor Van Deer Wijk, Am I Rapunzel?, Roma dan Juleha, Lentera Hijau, Detergen, dan Magic Love? “Beware”. (susan)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61