Pembentukan UKM Pengawal Ideologi Bangsa Didukung Penuh Rektor

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 Oktober 2019 . 14:49:43

 

GORONTALO., Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Dr. Eduart Wolok, ST, MT menerima audiensi pengurus organisasi ekstra kampus yang tergabung dalam Cipayung plus pada Jum’at 18 Oktober 2019 di Ruang Rapat Rektorat Universitas Negeri Gorontalo. Adapun organisasi ekstra yang tergabung dalam Cipayung plus tersebut adalah HMI, IMM, GMNI, LMND, GMKI, KAMMI, dan KMHDI.

Kedatangan perwakilan organisasi ekstra kampus tersebut dalam rangka mendorong pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa (UKM PIB) di Universitas Negeri Gorontalo. UKM PIB sendiri adalah amanah dari Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNG sangat mengapresiasi rencana pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa (UKM PIB) yang diusulkan oleh Cipayung Plus Gorontalo. Rektor berharap dengan adanya UKM PIB ini bisa memberikan pemahaman kebangsaan yang mendalam terhadap para mahasiswa.

“Permenristekdikti 55 Tahun 2018 ini adalah upaya Kemenristekdikti untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa akan ideologi bangsa dan mencegah paham radikalisme dan intoleransi berkembang di kampus. Nantinya, UKM PIB berisi perwakilan dari masing-masing organisasi ekstra kampus, tiap organisasi ekstra kampus satu perwakilan. Saya mendukung penuh pendirian UKM PIB ini, sebab akan melahirkan kolaborasi mahasiswa ekstra kampus dengan intra kampus,” ungkap Rektor.

Arlan selaku Ketua Umum HMI Cabang Gorontalo yang mewakili Cipayung Plus menyampaikan bahwa UKM PIB ini selain menegaskan pancasila sebagai sebagai sandaran moral etis dan falsafah hidup dalam laku sosial dan pola pikir mahasiswa juga untuk menekan masuknya paham radikalisme dan intoleransi dikampus. Kelompok Cipayung Plus berharap Rektor UNG terpilih bisa mendukung pembentukan UKM PIB ini.

Dalam kesempatan yang sama, kelompok Cipayung Plus ini juga mengucapkan selamat atas pelantikan Dr. Eduart Wolok, ST, MT sebagai Rektor UNG untuk periode 2019-2023. Pertemuan tersebut berlangsung selama dua jam. Turut serta dalam kegaiatan audiens tersebut adalah Ketua HMI Cabang Gorontalo Arlan, Ketua GMNI Mais Nurdin, Ketua LMND Rizal Laiya, Ketua KAMMI Ahmad Randi. Ketua GMNI Ricardo Situmorang, Ketua KMHDI Dewa Darma dan IMM di wakili oleh Shihab. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61