Click here for English version.
Fachrizal Nursyamsu S.IP 16 November 2013
Pemantapan Penilaian SKP di Lingkungan FIP Melalui Lokakarya

UNG – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) melakukan pemantapan penilaian Sasaran Kinerja Pegawai negeri sipil (SKP) di lingkungan FIP melalui Lokakarya. Kegiatan ini sangat penting karena terkait langsung dengan prestasi kerja dan sasaran kerja setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan dinilai oleh atasannya. Sebelumnya, metodeyang digunakan untuk mengevaluasi tingkat pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang pegawai menggunakan metode Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979. Namun, saat ini metode DP3 tersebut telah digantikan dengan metode Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang mencakup penilaian sasaran kerja dan penilaian perilaku kerja pegawai, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011. Beberapa waktu lalu, di tingkat Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melakukan Workshop terkait pelaksanaan metode SKP ini, namun untuk lebih memantapkan dan mendalami metode SKP ini, FIP melaksanakan Workshop dengan mendatangkan narasumber dari Bagian Kepegawaian Biro Administrasi Umum dan Keuangan (AUK) UNG, yakni Robiana Laisa, S.Pd dengan mengambil tempat di Aula FIP UNG, Sabtu (16/11) pagi. Hadir dalam kegiatan tersebut 70 orang yang terdiri dari Dekan, Pembantu Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian Dosen dan Pegawai di lingkungan FIP.

Dekan FIP, Prof. Dr. Abdul Haris Panai mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh setiap Pegawai baik Dosen maupun Tenaga Penunjang Akademik khususnya di lingkungan FIP. “Penilaian SKP meliputi aspek-aspek: Kuantitas, Kualitas, Waktu, dan/atau Biaya. Sementara Penilaian perlaku kerja meliputi unsur : Orientasi Pelayanan, Integritas, Komitmen, Disiplin, Kerjasama, dan Kepemimpinan di setiap unit kerja masing-masing. SKP ditetapkan setiap tahun pada bulan Januari dan digunakan sebagai dasar penilaian prestasi kerja,” terang Dekan FIP. Masih kata Dekan FIP, Tujuan dari kegiatan ini untuk menjamin objektivitas pembinaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dilakukan berdasarkan system prestasi kerja dan sistem karir yang dititikberatkan pada prestasi kerja. “Diharapkan dengan adanya lokakarya ini setiap Dosen dan Pegawai di lingkungan FIP mengetahui dan memahami SKP untuk meningkatkan kinerja melalui merencanakan target atau sasaran pekerjaan, waktu pekerjaan, penghitungan dan realisasi rencana tersebut,” tutup Dekan FIP. (Hms FIP)

LOKAKARYA. Dekan FIP, Prof. Dr. Abdula Haris Panai menyampaikan pertanyaan kepada narasumber dari Bagian Kepegawaian BAUK UNG, Ibu Robiana Laisa, S.Pd, terkait kendala dan permasalahan di lapangan dalam penerapan penilaian SKP di lingkungan FIP. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor FIP, Sabtu (16/11) pagi.

Agenda
11 November 2016
Seminar Internasional
Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"
11 November 2016
Southeast Asian Agriculture Student Conference
Seminar Mahasiswa ASEAN
16 - 18 September 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.
05 September - 07 Agustus 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.
Tautan Unit