Pelaksanaan Wisuda UNG Terapkan Model Drive Thru

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 September 2020 . 15:42:06

 

GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo kembali melaksanakan prosesi wisuda setelah beberapa bulan tertunda akibat pandemi Covid-19. Namun dalam pelaksanaannya, prosesi wisuda periode September 2020 berbeda dengan pelaksanaan Wisuda sebelumnya. Kali ini UNG menerapkan wisuda dengan model Drive Thru dalam proses pengukuhan para wisudawan.

Dalam sistem wisuda Drive Thru ini pengukuhan 1473 Wisudawan dilakukan dalam 5 tahap, dimana setiap tahap pelaksanaan dilakukan untuk 300 Wisudawan saja. Saat prosesi wisuda, para Wisudawan harus antri menggunakan kendaraan pribadi baik itu Mobil, Motor, Bentor bahkan Sepeda.

Kemudian ketika penyerahan ijazah maupun proses pemindahan talikuncir, wisudawan harus turun dari kendaraan dan naik ke panggung dengan didampingi oleh Orang Tua atau Pendamping lainya maksimal 2 orang. Setelah melalui prosesi tersebut wisudawan naik ke kendaraan untuk kemudian pergi meninggalkan lokasi Wisuda.

Menurut Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T, dimasa pandemi sempat mucul pro dan kontra terkait pelaksanaan wisuda, karena normalnya pelaksanaan wisuda saat ini tidak dimungkinkan karena akan ada pengumpulan masa sebanyak 1000-an dalam momen wisuda.

“Disisi lain saat UNG melakukan survey kecil-kecilan, para wisudawan tetap berharap tetap di wisuda dengan memiliki kenangan terbesar dalam hidupnya seperti menerima ijazah dan dokumentasi yang representatif,” ungkap Rektor.

Dari survey yang dilakukan kata Rektor, UNG mencoba melihat kondisi maupun situasi, sehingga akhirnya sistem Drive Thru diterapkan dalam Wisuda kali ini. Dimana dalam prosesi kali ini mengkombinasikan prosesi wisuda diawal dilaksanakan secara online, sedangkan prosesi wisuda baik itu penyerahan ijazah, pemindahan tali kuncir dengan sistem Drive Thru.

“Dengan begitu seluruh wisudawan bisa datang untuk selanjutnya melakukan prosesi Wisuda, dan langsung kembali ke Rumah masing-masing tanpa ada kerumunan masa, sehingga semua kepentingan bisa akomodir dalam model wisuda ini,” terangnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61