Pelaksanaan Wisuda UNG Terapkan Model Drive Thru

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 September 2020 . 15:42:06

 

GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo kembali melaksanakan prosesi wisuda setelah beberapa bulan tertunda akibat pandemi Covid-19. Namun dalam pelaksanaannya, prosesi wisuda periode September 2020 berbeda dengan pelaksanaan Wisuda sebelumnya. Kali ini UNG menerapkan wisuda dengan model Drive Thru dalam proses pengukuhan para wisudawan.

Dalam sistem wisuda Drive Thru ini pengukuhan 1473 Wisudawan dilakukan dalam 5 tahap, dimana setiap tahap pelaksanaan dilakukan untuk 300 Wisudawan saja. Saat prosesi wisuda, para Wisudawan harus antri menggunakan kendaraan pribadi baik itu Mobil, Motor, Bentor bahkan Sepeda.

Kemudian ketika penyerahan ijazah maupun proses pemindahan talikuncir, wisudawan harus turun dari kendaraan dan naik ke panggung dengan didampingi oleh Orang Tua atau Pendamping lainya maksimal 2 orang. Setelah melalui prosesi tersebut wisudawan naik ke kendaraan untuk kemudian pergi meninggalkan lokasi Wisuda.

Menurut Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T, dimasa pandemi sempat mucul pro dan kontra terkait pelaksanaan wisuda, karena normalnya pelaksanaan wisuda saat ini tidak dimungkinkan karena akan ada pengumpulan masa sebanyak 1000-an dalam momen wisuda.

“Disisi lain saat UNG melakukan survey kecil-kecilan, para wisudawan tetap berharap tetap di wisuda dengan memiliki kenangan terbesar dalam hidupnya seperti menerima ijazah dan dokumentasi yang representatif,” ungkap Rektor.

Dari survey yang dilakukan kata Rektor, UNG mencoba melihat kondisi maupun situasi, sehingga akhirnya sistem Drive Thru diterapkan dalam Wisuda kali ini. Dimana dalam prosesi kali ini mengkombinasikan prosesi wisuda diawal dilaksanakan secara online, sedangkan prosesi wisuda baik itu penyerahan ijazah, pemindahan tali kuncir dengan sistem Drive Thru.

“Dengan begitu seluruh wisudawan bisa datang untuk selanjutnya melakukan prosesi Wisuda, dan langsung kembali ke Rumah masing-masing tanpa ada kerumunan masa, sehingga semua kepentingan bisa akomodir dalam model wisuda ini,” terangnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0