Panlok 85 UNG Terus Matangkan Persiapan Jelang Ujian SBMPTN 2018

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 6 Mei 2018 . 18:59:00

 

GORONTALO – Dalam menyukseskan pelaksanaan ujian penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018, Panitia Lokal (Panlok) 85 UNG sebagai penanggung jawab pelaksanaan SBMPTN di Gorontalo terus mematangkan persipan jelang ujian nanti.

Persiapan yang terus dilakukan panitia meliputi kesiapan proses pelaksanaan ujian nanti maupun persiapan perangkat pengelola dan pengawas ujian. Bahkan dalam mematangkan persiapan perangkat pengelola dan pengawas ujian, Panlok 85 UNG melakukan penyamaan persepsi dengan seluruh pihak terkait dalam menyukseskan pelaksanaan ujian SBMPTN tahun 2018, Sabtu (5/5).

Menurut Ketua Panlok 85 UNG Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, salah satu elemen penting dalam pelaksanaan ujian SBMPTN nanti tidak hanya terletak pada kesiapan sarana dan prasarana saja, namun peran perangkat pelaksana ujian baik itu penanggung jawab lokasi, ruangan dan pengawas juga berperan penting.

Salah satu tugas utama dari perangkat pelaksana ujian tersebut, yakni memastikan perangkat administrasi ujian seperti lembar jawaban serta soal-soal ujian yang diberikan kepada peserta, serta disimpan seusai standar yang ditentukan. Selain itu salah satu tugas lain yagn harus dilakukan yakni memastikan pelaksanaan ujian berlangsung lancar tanpa adanya kecurangan.

Menurut Prof. Mahludin , kontributor kegagalan peserta pada ujian SBMPTN salah satunya dikarenakan kelalaian perangkat administrasi ujian yang bekerja tidak sesuai standar. Terlebih dengan diterapkannya proses pemeriksaan berbasis komputer memerlukan ketelitian.

“Untuk itu diharapkan penanggung jawab lokasi, ruangan dan pengawas dapat lebih teliti dalam meninimalkan kesalahan teknis dan administrasi,” harap Prof. Mahludin.

Dalam pelaksanaan ujian nanti kata Prof. Mahludin, Panlok 85 UNG secara umum telah siap dalam melaksanan seluruh rangkaian ujian. Berbagai persiapan baik itu naskah ujian telah diterima Panlok, selain itu sarana dan prasana penunjang pelaksanaan ujian baik itu untuk ujian tulis berbasis cetak serta ujian tulis berbasis computer telah disiapkan dan dilengkapi sejak beberap hari terakhir.

“Untuk ujian tulis Panlok menyiapkan 7 lokasi berbeda meliputi Kampus induk, Kampus 2 dan Kampus 3 UNG, serta akan dilaksanakan di SMK 1 Kota Gorontalo, SMP 2 dan SMP 6 Kota Gorontalo serta kampus Unisan Gorontalo. Sedangkan ujian tulis berbasis computer seluruhnya akan dilaksanakan di laboratorium kampus induk UNG,” tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61