Pangan Lokal Harus Diolah Secara Kreatif

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 17 Oktober 2019 . 17:11:51

 

GORONTALO – Indonesia merupakan Negara yang kaya akan jenis pangan lokal diberbagai daerah khususnya di Provinsi Gorontalo. Mengkonsumsi pangan lokal memiliki banyak sekali manfaat yang jika dikonsumsi oleh masyarakat, akan tetapi pangan lokal tersebut belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dan penggunaanya belum optimal. Fakta tersebut disampaikan Ketua Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Prov. Gorontalo Ir. Zainudin Antuli, M.Si pada Seminar dan Expo Oprimalisasi Pangan Lokal Menuju Ketahanan Pangan Daerah.

“Pangan lokal selama ini belum optimal baik dari ketersediaan maupun pemanfaatannya untuk dikonsumsi. Padahal pemanfaatannya sangat penting untuk memenuhi kebutuhan makanan serta menopang ekonomi petani,” ungkap Zainudin.

Pengolahan pangan yang sangat terbatas kata Zainudin membuat pemanfataan pangan lokal menjadi kurang optimal, contohnya pangan lokal seperti umbi-umbian yang proses pengolahannya masih sangat tradisional yakni dengan cara direbus ketika dikonsumsi.

“Mendongkrak pemanfaatan pangan lokal dengan cara melakukan pengolahan secara kreatif. Dengan pengolahan secara kreatif, akan menjadikan olahan pangan lokal menarik minat masyarakat serta dapat meningkatkan nilai jualnya,” terangnya.

Menurutnya, pada era milenial kecenderungan masyarakat khususnya generasi muda mengkonsumsi makanan makanan yang menarik dan serba instan. “Olehnya pengolahan pangan lokal menjadi makanan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Sehingga daya kebutuhan akan olahan pangan lokal dapat lebih meningkat,” tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61