Pakaian Adat Gorontalo Warnai Aktivitas Civitas Akademika UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 9 November 2016 . 13:11:00

 

GORONTALO - Pemandangan dan suasana berbeda tampak di sekitar lingkungan Universitas Negeri Gorontalo. Dalam rangkaian pelaksana Kongres Kebudayaan Gorontalo, Selasa (8/11), seluruh civitas akademika Kampus Merah Maron turut serta menyemarakkan kegiatan kongres kebudayaan yang dilaksanakan di UNG, dengan turut serta mengenakan pakaian adat masyarakat Prov. Gorontalo yakni Takowa dan Galenggo.

Pakaian dinas yang biasa dikenakan pegawai tenaga kependidikan ditanggalkan sementara, dan diganti dengan beragam corak pakaian adat Gorontalo yakni Takowa bagi laki-laki dan Galenggo bagi Perempuan. Tidak ingin ketinggalan, dikalangan dosen pun bahkan turut serta mengenakan pakaian adat yang sama, yang membedakan hanyalah corak dan warna dari pakaian adat yang dikenakan.

 

 

Rektor UNG Prof. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, menuturkan, penggunaan pakaian adat Gorontalo merupakan salah satu upaya UNG dalam melestarikan kembali salah satu pakaian adat milik masyarakat Gorontalo. Terlebih saat ini, sudah sangat jarang masyarakat Gorontalo yang mengenakan pakaian adat Takowa maupun Galenggo.

"Ini merupakan salah satu cara yang dilakukan Civitas Akademika UNG, dalam merangsang kembali masyarakat untuk dapat mengenakan pakaian adat Gorontalo," ungkap Rektor.

Bahkan untuk dapat memberi contoh di masyarakat, Rektor berencana menjadikan pakaian adat Gorontalo berupa Takowa dan Galenggo, sebagai salah satu pakaian Dinas Civitas Akademika UNG. "Insya Allah kedepan pakaian ini akan kita wajibkan sebagai salah satu pakaian di UNG, minimal dalam sebulan sekali kita mengenakan pakaian adat ini," tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61