Click here for English version.
Fahmid Bahsoan 26 Maret 2013
ON MIPA-PT Digelar, Sarson : Tradisi berprestasi MIPA harus dipertahankan.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa, Direktorat Jenderal Dikti kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahun 2013.

Seleksi Tahap I Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo,yang dibuka belum lama ini oleh Pembantu Rektor I, Prof. Dr. Sarson Pomalato, M.Pd. Dalam sambutannya Sarson mengajak kepada seluruh mahasiswa MIPA khususnya peserta ON MIPA-PT agar selalu menjaga tradisi berprestasi, tradisi meretas keilmuan yang ada pada jiwa orang-orang MIPA. Orang MIPA itu tradisinya adalah bagaimana dia meretas keilmuan dasar sehingga bisa berguna bagi orang lain. Karna pada dasarnya orang-orang MIPA itu hebat, punya logika berfikir yang selalu dia kembangkan. Proses kebenaran yang selalu diutamakan, bukan proses pembenaran yang kadang kala bisa buat orang terjebak. Sehingganya, budaya tradisi kita yang selalu mencari kebenaran melalui riset-riset, tradisi berprestasi, serta tradisi ilmiah yang selalu tertanam pada orang-orang MIPA, saya berharap melalui ON MIPA-PT ini akan selalu terjaga dengan baik, tegas Sarson.

Dekan Fakultas MIPA, yang diwakili Pembantu Dekan I, Asri Arbie, dalam sambutannya mengharapkan agar para mahasiswa yang ikut dalam Olimpiade Nasional ini betul-betul berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meraih yang terbaik, baik itu tingkat lokal, regional, maupun tingkat Nasional. Saya berharap agar seluruh mahasiswa bisa berusaha semaksimal mungkin untuk meraih yang terbaik. Dan raihan prestasi yang akan adik-adik dapatkan ini akan kita persembahkan untuk Ulang Tahun Emas UNG, sebagai wujud rasa terima kasih kita kepada kampus yang kita cintai ini, tandasnya.

Sementara untuk tahapan Olimpiade Nasional MIPA-PT 2013, seperti dikutip dari dikti.kemdikbud.go.id ini dibagi dalam III tahap yakni, Tahap I dilaksanakan dan diselenggarakan oleh perguruan tinggi masing- masing untuk memilih tujuh orang mahasiswa per bidang, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi dan hasilnya dikirim untuk mengikuti seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah). Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak 9-10 April 2013.

Seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah) dilaksanakan di 12 wilayah/regional, seleksi tahap III tingkat Nasional akan diikuti oleh maksimal 62 mahasiswa per bidang yang terdiri atas juara I dan II hasil seleksi tahap II ON MIPA-PT tingkat wilayah, peserta terbaik dari PTS di masing-masing wilayah, dan juara II dan III OSN-Pertamina Kategori Teori tahun 2012.

Mahasiswa yang dikirim untuk mewakili Indonesia dalam mengikuti kompetisi Internasional atau IMC (International Mathematics Competition) pada tahun sebelumnya jika masih memenuhi persyaratan. Mahasiswa peraih nilai tertinggi seleksi Tahap II (selain butir a) secara keseluruhan untuk memenuhi kuota maksimal 62 mahasiswa.

Pada Tahap III, akan ditentukan 25 mahasiswa terbaik per bidang dengan pengelompokan empat peraih medali emas, enam medali perak, 10 medali perunggu, dan lima honorable mention.

Peserta adalah mahasiswa dari program studi Strata Satu (SI) perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, angkatan tahun 2009 atau sesudahnya, dan terdaftar sebagai mahasiswa sampai dengan tanggal 31 Agustus pada tahun pelaksanaan seleksi, berasal dari bidang ilmu MIPA atau yang relevan.

Dikti merencanakan akan mengirimkan delegasi mahasiswa berprestasi di bidang Matematika hasil ON MIPA-PT tingkat nasional untuk mengikuti ajang International Mathematics Competition for University Students (IMC) yang akan dilaksanakan di Blagoevgrad, Bulgaria.

Agenda
11 November 2016
Seminar Internasional
Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"
11 November 2016
Southeast Asian Agriculture Student Conference
Seminar Mahasiswa ASEAN
16 - 18 September 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.
05 September - 07 Agustus 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.
Tautan Unit