Mulai Beroperasi, Mesin VCO BUMDES Solusi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Tamaila Utara

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 23 Desember 2020 . 19:02:42

GORONTALO - Mesin VCO Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mitra Usaha Desa Tamaila Utara, desa binaan Universitas Negeri Gorontalo pada program Desa Berinovasi telah resmi beroperasi pada selasa 22 Desember 2012.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. H. Eduart Wolok, S.T, M.T, mengatakan bahwa inovasi terkait VCO adalah tahap ke dua setelah pemberdayaan yang dilakukan di dusun Tumba Desa Tamaila Utara ketika hari kebangkitan teknologi nasional yang diluncurkan oleh Wakil Presiden RI.

"Kerja kolaborasi ini ke depan akan memberikan kontribusi peningkatan terhadap aspek ekonomi pada masyarakat Tamaila Utara," ucap Eduart

Menteri Riset dan Teknologi Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D. berharap bahwa bantuan alat dan bantuan teknis bisa terus berlangsung dan bisa mensejahterakan dan memberikan lapangan kerja bagi warga desa dan bisa mengangkat produk VCO dari desa Tamaila sebagai kebanggan dan bisa dikonsumsi masyarakat banyak.

"Program Desa Berinovasi kerjasama antara Kemenristek/BRIN dan Kemendes PDTT kami harapkan bisa menjadi program yang bisa memberikan dampak langsung kepada yang menerima manfaat yaitu masyarakat desa termaksud pelaku usaha di desa yang dikategorikan sebagai Usaha Kecil Menengah (UMKM).

Bambang menambahkan bahwa ketika Pandemi Covid-19 menganggu kegiatan ekonomi tidak ada jalan keluar yang segera bisa dilakukan, program desa berinovasi diluncurkan adalah untuk memperkuat fundamental ekonomi pedesaan yang nantinya akan menjadi dasar dari fundamental ekonomi daerah.

Kepala Desa Tamaila Utara Bukhari Buroma mengatakan dengan mesin VCO ini meningkatkan pendapatan asli desa melalui BUMDES Mitra Usaha dan meningkatkan ekonomi masyarakat dengan memberikan pekerjaan kepada ibu-ibu rumah tangga.

"Selama ini kami didampingi oleh Pokja Desa UNG. Pokja telah memberikan bantuan sepenuhnya sehingga kami dapat melakukan produksi VCO", ucap Bukhari.

Virgin Coconut Oil produksi Badan Usaha (BUMDES) Mitra Usaha Desa Tamaila Utara akan dilakukan standarisasi melalui kerjasama Universitas Negeri Gorontalo dengan Badan Riset dan Standarisasi Industri Manado.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0