Menyambut Akreditasi dengan Prestasi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Mei 2015 . 18:09:00

“Performa Tri Darma UNG Progresif”

 

Menyongsong akreditasi institut, berbagai upaya telah dilakukan dibawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd. Berdasarkan kualitas yang dimiliki, UNG dinilai sangat layak memperoleh akreditasi dengan nilai terbaik. Total mahasiswa lebih 18.000 merupakan bukti bahwa kampus merah maron adalah salah Universitas pilihan di Indonesia Timur. Tak hanya mengejar kuantitas,melainkan kualitas mahasiswa dan lulusan pun menjadi prioritas utama dalam berbagai kegiatan pendidikan. Dibuktikan banyaknya mahasiswa UNG yang kerap tampil diajang berskala nasional dan internasional. Bahkan lulusan yang dimiliki, seluruhnya mampu mengambil peran penting dalam perkembangan masyarakat, dan tidak sedikit menjadi figure penting dalam kepemimpinan dan pembangunan daerah.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Universitas Negeri Gorontalo hampir seluruhnya bergelar Master dan Doktor, bahkan tidak sedikit dosen yang bernanung di UNG berstatus sebagai Guru Besar. Diharapkan, peningkatan kualifikasi dosen bergelar Profesor tidak lepas dari program akselerasi Guru Besar bagi dosen di setiap fakultas. Melalui program ini, UNG mengharuskan setiap fakultas mengidentifikasi dosen yang sedang mengikuti percepatan guru besar, memberi bantuan bahkan intervensi langsung kepada yang bersangkutan serta mengkaji kendala serta hambatan yang dihadapinya selama proses tersebut.

Infratruktur UNG pun terus dilakukan pembenahan signifikan dengan menyediakan sarana perkuliahan dan laboratorium yang representatif bagi mahasiswa. Bahkan, dalam waktu 4 tahun terakhir, UNG mampu membangun 20 gedung fakultas, ruang perkulihan dan gedung Universitas.

Selain mengolah sarana dan prasarana kampus, pelayanan prima pun terus ditingkatkan melalui pengembangan IT yang menjadi salah satu fokus program. Saat ini, UNG memiliki bandwidthberkapasitas 250 MB IP Domestik dan 100 MB IP Internasional yang digunakan untuk layanan on line civitas dan stakeholders. Hasil yang diharapkan adalah penerapan system on-line dalam segala aktivitas, baik bidang akademik dan kemahasiswaan maupun kepegawaian dan keuangan.

Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) yang mengelola seluruh data akademik mahasiswa, pemanfaatan perkuliahan jarak jauh menggunakan sistem eLearning dan pemanfaatan Sistem Informasi Program Studi yang memudahkan operator Prodi dalam menjalankan tugas seluruhnya dihadirkan.

Sebagai upaya memperoleh nilai akreditasi terbaik, UNG terus berupaya menggenjot aktivitas penelitian bagi tenaga pendidik. Ditandai dengan ditetapkannya tahun 2015 sebagai Tahun Penelitian. Ada tekad yang sangat kuat agar sejak 2015 ini seluruh dosen yang bernaung di UNG wajib meneliti sesuai bidang ilmunya tanpa terkecuali. Mereka juga di-push memaksimalkan penelitian yang telah dilakukan. Tahun 2016 digagas sebagai tahun Implementasi seluruh hasil penelitian sehingga bermanfaat positif bagi masyarakat.

Kegiatan pelayanan kepada masyarakat, UNG senantiasa mempersiapkan mahasiswa agar memberi manfaat melalui kegiatan pengabdian dengan memaksimalkan peran Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM).Berbagai program inovatif digagas untuk menunjang pengabdian, agar benar-benar berguna dan menetapkan program pengabdian masyarakat berbasis keilmuan. Beberapa contoh: pengelolaan minyak kelapa, pengolahan Nuget dari kerang serta program pembudidayaan ayam super dan sebagainya merupakan hasil karya mahasiswa yang dibimbing para dosen.

Berbagai kerjasama antar Perguruan Tinggi dalam lingkup nasional maupun Internasional serta kerjasama antar pemerintah daerah diseluruh Indonesia menjadi point penting yang dilakukan. Sebut saja, kerja sama dengan Pemda Gorontalo Utara yang melibatkan Ehime Unversity Jepang, kerja sama pengembangan Teluk Tomini melibatkan daerah pesisir seperti Kabupaten Poso, Pohuwato, Boalemo dan Kota Gorontalo serta mempelopori kerjasama utara-utara dalam pengelolaan potensi Sumber Daya Alam dan menggandeng PUM Expert Netherland yang melibatkan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Pemerintah Kabupaten Buol dan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. # (Akreditasi untuk Motivasi dan Evaluasi)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61