Menristekdikti: Masjid Kampus Sebagai Pusat Syiar Islam

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 April 2016 . 10:58:00

 

GORONTALO - Masjid sebagai salah satu fasilitas yang dimiliki sebuah perguruan tinggi harus mampu memberikan manfaat lebih bagi masyarakat sekitar, yang tidak hanya sebagai pusat kegiatan ibadah semata, namun juga lebih dimaksimalkan perannya sebagai pusat syiar islam bagi masyarakat.

"Selain sebagai sarana ibadah, masjid juga merupakan pusat perkembangan pengetahuan agama dan syiar islam di lingkungan kampus dan masyarakat," ungkap Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Muhamad Nasir, Ph.D, Ak, disela-sela pengresmian sejumlah infrastruktur kampus, yang diantaranya masjid Sabirularsyad Universitas Negeri Gorontalo, Jumat (1/4).

Menurut Menristekdikti, sebuah masjid dibangun tujuannya untuk rahmatan lilalamin, sehingga jangan biarkan tempat yang suci di lingkungan kampus tersebut menjadi tempat perkembangan fraksi-fraksi dalam Islam, maupun perkembangan paham radikalisme.

"Masjid kampus harus juga berperan sebagai penangkal aliran sesat dan radikalisme yang tentunya harus dimotori langsung oleh mahasiswa itu sendiri," ujar Menristekdikti.

Sementara itu, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengatakan, ia dan seluruh civitas akademika UNG berkeinginan untuk memaksimalkan fungsi Masjid Syabirularsyad sebagai pusat syiar islam di Gorontalo. Terlebih dengan jumlah mahasiswa mencapai 20 ribu orang, dosen dan staff sekitar 1000 orang, akan menjadi modal awal dalam mewujudkan obsesi menjadikan masjid ini sebagai pusat pengembangan keislaman di Gorontalo.

“Kampus sebagai lingkungan intelektual, yang didalamnya juga memiliki orang-orang yang ahli dibidang keagamaan, tentu akan sangat berperan untuk menjadikan masjid ini sebagai pusat pengembangan keislaman,” terang Rektor.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut kata Rektor, UNG juga ditunjang dengan kondisi masyarakat Gorontalo yang religius. “Dan tentu saja, akan ada banyak sekali program yang akan kita kembangkan dalam mendukung Masjid Kampus sebagai pusat syiar islam di Gorontalo,” tutur Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61