Menristekdikti: UNG Berpotensi Besar Memiliki Prodi Kedokteran

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 1 April 2016 . 13:03:00

 

GORONTALO – Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang saat ini tengah mengalami perkembangan pesat dan telah berakreditasi B, Universitas Negeri Gorontalo tidak hanya dianggap layak, namun juga memiliki potensi besar untuk membuka Program Studi (Prodi) pendidikan kedokteran di lingkungannya.

"Salah satu persyaratan membuka Prodi Kedokteran, perguruan tinggi tersebut minimal harus berakreditasi B. Dan saat ini, UNG merupakan salah satu PT yang berpotensi besar memiliki Prodi Kedokteran," ungkap Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Akan, saat memberikan sambutan pada malam Ramah Tamah bersama jajaran pemerintah Provinsi Gorontalo, Kamis (31/3) malam.

Dengan modal akreditasi B tersebut kata Menristekdikti, menjadi modal utama UNG dalam mengajukan pengusulan Prodi Kedokteran. Menurut Menristek, syarat lain yang harus dipenuhi adalah tersedianya sumberdaya manusia di bidang kedokteran guna menjalankannya aktifitas akademik, dan juga harus mempunyai sebuah Rumah Sakit sebagai rujukan pendidikan.

Khusus untuk persyaratan Rumah Sakit, Perguruan Tinggi tidak harus memiliki Rumah Sakit sendiri untuk bisa membuka Prodi Kedokteran, cukup dengan menjalin kerjasama dengan Rumah sakit yang telah memenuhi syarat sebagai Rumah sakit pendidikan.

"Dan jika seluruh persyaratan telah terpenuhi, maka UNG tinggal menunggu waktu untuk segera memiliki Prodi kedokteran," terang Mohamad Nasir.

Dikatakan Mohamad Nasir, Kemristekdikti berkeinginan dalam setiap Provinsi di Indonesia harus ada minimal satu perguruan tinggi yang memiliki Prodi Kedokteran, sebagai upaya pemerataan tenaga kesehatan di Indonesia yang masih kurang.

"Olehnya kami akan terus memberikan dukungan atas upaya UNG dalam merealisasikan Prodi Kedokteran di lingkungannya," terang Menristekdikti.

Sementara itu, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, menuturkan, upaya yang dilakukan UNG dalam merealisasikan Prodi kedokteran telah gencar dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Diantaranya dengan memenuhi standar akreditasi Perguruan tinggi sesuai persyaratan yakni minimal B, pemenuhan sumberdaya manusia dibidang kedokteran, serta menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Pemerintah Kota Gorontalo sebagai Rumah sakit rujukan pendidikan kedokteran UNG.

"Seluruh persyaratan untuk itu terus kami penuhi. Dan insya Allah dengan dukungan langsung Menristekdikti, harapan UNG untuk segera memiliki Prodi kedokteran bisa segera terwujud," harap Syamsu. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61