Menko PKM Buka Forum FIP-JIP

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 10 September 2015 . 10:24:15

GORONTALO – Forum Ilmiah Fakultas Ilmu Pendidikan – Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) yang digagas Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, resmi dibuka Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PKM) Puan Maharani, Rabu (9/9). Di Ballroom Training Center Universitas Negeri Gorontalo. Forum pendidikan ini menghadirkan 500 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri eks LPTK di Indonesia.

Dalam sambutannya Puan Maharani berbicara tentang berbagai fenomena pendidikan yang berada di Indonesia, dimana saat ini pemerintah Indonesia tengah menggalakkan semangat revolusi mental bagi seluruh masyrakatnya. Dan salah satu cara dalam mewujudkan revolusi mental tersebut salah satunya melalui pendidikan yang baik. Dimana pendidikan tersebut merupakan tulang punggung dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, yang diharapkan dapat bermuara pada kemajuan daya saing bangsa Indonesia.

Puan menilai Forum FIP-JIP ini merupakan satu langkah tepat bagi perguruan tinggi dalam merumuskan solusi sejumlah permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini. Karena tentunya Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam mencetak para pendidik yang berkualitas, dalam mendukung pemerintah membentuk SDM masyarkat guna menyongsong semangat revolusi mental.

“Pendidik merupakan bagian utama dalam upaya pembangunan bangsa. Dan melahirkan pendidik yang baik merupakan tugas dari perguruan tinggi, sehingga peran ini harus dimaksimalkan perguruan tingi untuk bisa bersama-sama memajukan bangsa ini,” terang Puan.

Sementara itu Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengatakan, sebagai perguruan tinggi eks LPTK, UNG terus berupaya melahirkan banyak tenaga pendidik. Dan focus UNG kata Rektor, tidak hanya mengejar kuantitas dalam mencetak para guru. Namun yang menjadi focus utama adalah bagaimana dapat melahirkan para guru yang memiliki kualitas, dan mampu memberikan pendidikan dan pengajaran yang baik bagi masyrakat.

“Komitmen kami adalah bagaimana mencetak tenaga pendidik yang memiliki kualitas. Dan mampu mengimpelementasikan kualitas yang dimiliki tersebut kepada masyarakat,” ujar Rektor.

Forum FIP-JIP kali ini diikuti sujumlah Universitas diantaranya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Ganesha, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. (GP/Wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0