Menko PKM Buka Forum FIP-JIP

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 10 September 2015 . 10:24:15

GORONTALO – Forum Ilmiah Fakultas Ilmu Pendidikan – Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) yang digagas Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, resmi dibuka Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PKM) Puan Maharani, Rabu (9/9). Di Ballroom Training Center Universitas Negeri Gorontalo. Forum pendidikan ini menghadirkan 500 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri eks LPTK di Indonesia.

Dalam sambutannya Puan Maharani berbicara tentang berbagai fenomena pendidikan yang berada di Indonesia, dimana saat ini pemerintah Indonesia tengah menggalakkan semangat revolusi mental bagi seluruh masyrakatnya. Dan salah satu cara dalam mewujudkan revolusi mental tersebut salah satunya melalui pendidikan yang baik. Dimana pendidikan tersebut merupakan tulang punggung dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, yang diharapkan dapat bermuara pada kemajuan daya saing bangsa Indonesia.

Puan menilai Forum FIP-JIP ini merupakan satu langkah tepat bagi perguruan tinggi dalam merumuskan solusi sejumlah permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini. Karena tentunya Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam mencetak para pendidik yang berkualitas, dalam mendukung pemerintah membentuk SDM masyarkat guna menyongsong semangat revolusi mental.

“Pendidik merupakan bagian utama dalam upaya pembangunan bangsa. Dan melahirkan pendidik yang baik merupakan tugas dari perguruan tinggi, sehingga peran ini harus dimaksimalkan perguruan tingi untuk bisa bersama-sama memajukan bangsa ini,” terang Puan.

Sementara itu Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengatakan, sebagai perguruan tinggi eks LPTK, UNG terus berupaya melahirkan banyak tenaga pendidik. Dan focus UNG kata Rektor, tidak hanya mengejar kuantitas dalam mencetak para guru. Namun yang menjadi focus utama adalah bagaimana dapat melahirkan para guru yang memiliki kualitas, dan mampu memberikan pendidikan dan pengajaran yang baik bagi masyrakat.

“Komitmen kami adalah bagaimana mencetak tenaga pendidik yang memiliki kualitas. Dan mampu mengimpelementasikan kualitas yang dimiliki tersebut kepada masyarakat,” ujar Rektor.

Forum FIP-JIP kali ini diikuti sujumlah Universitas diantaranya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Ganesha, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. (GP/Wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61