Mendes PDTT Tandatangani Prasasti Desa Banuroja Binaan UNG Sebagai Desa Pancasila

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 September 2020 . 10:24:22

 

GORONTALO - Desa Banuroja berlokasi di Kabupaten yang merupakan Desa Binaan Universitas Negeri Gorontalo ditetapkan sebagai Desa Pancasila oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Dr.(H.C.) H. Abdul Halim Iskandar, M.P,. Penetapan ditandai dengan penandatanganan prasasti Desa Banuroja sebagai Desa Pancasila, Sabtu (19/9),.

Dalam sambutannya Mendes PDTT mengaku merasa bangga dan terharu karena Desa Banuroja merupakan cerminan Indonesia yang selama ini kita harapkan.

"Yakni Indonesia yang damai, Indonesia yang penuh toleransi, Indonesia yang saling menghargai dan kalimat paling gampang yakni Indonesia yang penuh dengan kemanusiaan," ungkap Gus Menteri sapaan akrab Mendes PDTT.

Kemanusiaan kata Gus Menteri, merupakan kunci agar seluruh kehidupan menjadi baik. Dengan menjadi manusia sebenarnya yang hakiki apa yang menjadi harapan kita semua yakni Indonesia yang damai, tenteram dan saling menghargai akan terwujud tidak lama.

"Harapan itu bisa kita wujudkan mulai dari Desa Banuroja Kab. Pohuwato," ujarnya.

Menurut Gus Menteri, apa yang menjadi keunggulan Desa Banuroja sebagai Desa Pancasila akan disampaikan ke Desa-Desa lain se Indonesia.

"Akan saya tunjukkan kepada Desa se Indonesia bawah di Gorontalo ada Desa Banuroja yang seperti ini modelnya, yang seperti ini rukun dan kompaknya untuk dapat ditiru oleh Desa lain dengan mempertimbangkan kearifan lokal masing-masing," terangnya.

Sementara itu Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T, menuturkan, kehadiran UNG dalam mendampingi desa yang ada dikawasan teluk Tomini maupun Indonesia timur dalam kerangka, untuk membumikan ilmu pengetahuan yang dikaji dan dipelajari di Kampus agar bisa terasakan langsung dampaknya ditingkat masyarakat.

"Sehingga dengan demikian problematika yang ada di Desa bisa langsung dipotret dan dilakukan pengkajian alternatif solusi pemecahan dan arahan pengembangannya sesuai potensi Desa," kata Rektor. (Wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0