Mendes PDTT Tandatangani Prasasti Desa Banuroja Binaan UNG Sebagai Desa Pancasila

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 September 2020 . 10:24:22

 

GORONTALO - Desa Banuroja berlokasi di Kabupaten yang merupakan Desa Binaan Universitas Negeri Gorontalo ditetapkan sebagai Desa Pancasila oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Dr.(H.C.) H. Abdul Halim Iskandar, M.P,. Penetapan ditandai dengan penandatanganan prasasti Desa Banuroja sebagai Desa Pancasila, Sabtu (19/9),.

Dalam sambutannya Mendes PDTT mengaku merasa bangga dan terharu karena Desa Banuroja merupakan cerminan Indonesia yang selama ini kita harapkan.

"Yakni Indonesia yang damai, Indonesia yang penuh toleransi, Indonesia yang saling menghargai dan kalimat paling gampang yakni Indonesia yang penuh dengan kemanusiaan," ungkap Gus Menteri sapaan akrab Mendes PDTT.

Kemanusiaan kata Gus Menteri, merupakan kunci agar seluruh kehidupan menjadi baik. Dengan menjadi manusia sebenarnya yang hakiki apa yang menjadi harapan kita semua yakni Indonesia yang damai, tenteram dan saling menghargai akan terwujud tidak lama.

"Harapan itu bisa kita wujudkan mulai dari Desa Banuroja Kab. Pohuwato," ujarnya.

Menurut Gus Menteri, apa yang menjadi keunggulan Desa Banuroja sebagai Desa Pancasila akan disampaikan ke Desa-Desa lain se Indonesia.

"Akan saya tunjukkan kepada Desa se Indonesia bawah di Gorontalo ada Desa Banuroja yang seperti ini modelnya, yang seperti ini rukun dan kompaknya untuk dapat ditiru oleh Desa lain dengan mempertimbangkan kearifan lokal masing-masing," terangnya.

Sementara itu Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T, menuturkan, kehadiran UNG dalam mendampingi desa yang ada dikawasan teluk Tomini maupun Indonesia timur dalam kerangka, untuk membumikan ilmu pengetahuan yang dikaji dan dipelajari di Kampus agar bisa terasakan langsung dampaknya ditingkat masyarakat.

"Sehingga dengan demikian problematika yang ada di Desa bisa langsung dipotret dan dilakukan pengkajian alternatif solusi pemecahan dan arahan pengembangannya sesuai potensi Desa," kata Rektor. (Wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61