Melalui Aplikasi SekolahRakyat, 4.678 Mahasiswa Baru Ikut Pelatihan TIK Online

Oleh: Lenny DJ. Muda . 5 Agustus 2021 . 13:51:26

GORONTALO - Universitas Negeri Gorontalo kembali melakukan pelatihan tekonologi informasi dan komunikasi (PELTIK) untuk 4.678 mahasiswa baru angkatan 2021 yang sudah teregistrasi di UNG.

Menurut Kepala UPT TIK Salahudin Olii, ST,MT, tradisi pelatihan TIK untuk mahasiswa baru yang telah dilakukan sejak tahun 2010 ini di tahun 2020 dan 2021 dilaksanakan secara daring menggunakan platform aplikasi SekolahRakyst UNG. Pelatihan yang dilaksanakan sejak tanggal 2-9 Agustus 2021 ini dibagi dalam 101 kelas dan setiap kelas mengikuti 4 pertemuan daring.

"Materi dalam pelatihan ini terdiri dari pengantar yang menjelaskan tentang pengenalan aplikasi-aplikasi dari UNG dan kementerian pendidikan seperti PD DIKTI, aplikasi verifikasi ijazah, aplikasi SKPI, aplikasi pelayanan BAKP, aturan akademik seperti kehadiran dan penilaian," ujar Salahudin.

Materi di pertemuan kedua tentang Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) dimana mahasiswa dilatih dan ditugaskan untuk melakukan kontrak KRS Online pada perkuliahan semester 1. Pada pertemuan ketiga membahas tentang blog mahasiswa yang dibuat melalui http://mahasiswa.ung.ac.id dimana setiap mahasiswa bisa langsung membuat blog menggunakan user yang yang sama dengan user SIAT.

"Pada pertemuan ke empat mahasiswa dilatih menggunakan email resmi mahasiswa UNG yang menggunakan domain nama@mahasiswa.ung.ac.id. Melalui pelatihan ini juga mahasiswa wajib membuat blog serta mengisi blognya masing-masing," jelas Salahudin.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi UNG ini ini dilatih oleh 17 instruktur yang telah berpengalaman melatih mahasiswa setiao tahun.

Penggunaan paltform aplikasi SekolahRakyat dipilih karena aplikasi ini memiliki fitur -fitur untuk pembelajaran online dimana setiap pertemuan pengajar dapat sharing file materi, forum diskusi dengan peserta pelatihan, sharing video youtube terkait, sharing tautan untuk referensi di internet, tugas online yang berbatas waktu dan dapat diberikan nilai perorangan, kuis online yang juga bisa dinilai oleh instruktur. Disamping itu pada aplikasi SekolahRakyat juga tersedia fitur untuk video conference antara instruktur dengan peserta pelatihan sesuai dengan jadwal yang telah diatur oleh instruktur.

Aplikasi SekolahRakyat sendiri sudah digunakan oleh beberapa sekolah dan lembaga pelatihan sebagai platform untuk pembelajaran daring sejak diluncurkan oleh Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T, M.T, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2020.

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61