Matangkan Persiapan Akreditasi Prodi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 Juli 2015 . 12:54:00

BPMA Terus Berkoordinasi Dengan Seluruh Fakultas

GORONTALO – Langkah cepat diambil Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA), dalam menindaklanjuti hasil Rapat yang melibatkan seluruh pimpinan di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo yang digelar pekan lalu terkait dengan penguatan akreditasi Program Studi. Diantaranya dengan menggelar koordinasi terkait kesiapan seluruh Fakultas dalam mewujudkan Prodi berakreditasi A ditiap fakultas, Senin (27/7). Di Ruang Rapat lantai 3 Rektorat UNG.

Ketua Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) Dr. Nawir Sune, M.Si mengatakan rapat koordinasi yang dilakukan kali ini, selain sebagai tindak lanjut dari rapat sebelumnya, juga untuk meminta masukan serta usulan dari tiap pimpinan Fakultas terkait program studi yang ditargetkan berakreditasi A ditahun ini.

“Untuk tahun ini Rektor menargetkan minimal disetiap Fakultas ditahun ini harus ada 1 Prodi berakreditasi A, dan Alhamdulillah seluruh Fakultas telah mengusulkan Prodi masing-masing yang tahun ini berpotensi besar memperoleh akreditasi A tersebut,” ungkap Nawir.

Untuk saat ini bagi Prodi yang ditargetkan A dan telah memiliki memiliki Borang Akreditasi, BPMA kata Nawir nantinya akan melakukan pembimbingan secara langsung kepada Prodi tersebut terkait penyusunan borang dengan turut serta melibatkan assessor internal kampus yang dimulai pada tanggal 29 Juli hingga 1 Agustus 2015. Disamping itu, setelah melalui pembimbingan dan penilaian di internal kampus, selanjutnya BPMA akan mengirimkan borang tersebut untuk dinilai oleh para assessor nasional pada tanggal 4 Agustus 2015.

“Seluruh borang itu nantinya akan dinilai oleh para assessor nasional yang berpengalaman seperti Dr. Ir. Budi Prastawa, M.Sc dari Universitas Hasanuddin Makassar, Prof. Dr. Tatang Herman dari Universitas Pendidikan Indonesia, serta Prof Dr. Muslimin Ibrahim dari Unesa,” terangnya.

Selain itu, untuk mempermantap penyusunan Borang Prodi tersebut nantinya BPMA akan menggelar workshop terkait penyusunan borang akreditasi Prodi selama 3 hari mulai tanggal 13 Agustus dengan mendatangkan ketiga assessor nasional. “Pendampingan akan terus dilakukan BPMA hingga kegiatan simulasi dan penyiapan data,” ujarnya.

Untuk bisa menyukseskan target tersebut kata Nawir, dibutuhkan dukungan pro aktif tidak hanya dari pimpinan fakultas, namun juga dukungan dari seluruh elemen program studi terkait khususnya berkaitan dengan penyusunan borang akreditasi. Dengan adanya dukungan tersebut dirinya mengaku optimis bahwa target yang telah ditetapkan Rektor tersebut akan bisa diwujudkan dengan baik. “Insya Allah target ini akan bisa kita wujudkan secara bersama-sama,” pungkasnya. #

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61