Matangkan Persiapan Akreditasi Prodi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 Juli 2015 . 12:54:00

BPMA Terus Berkoordinasi Dengan Seluruh Fakultas

GORONTALO – Langkah cepat diambil Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA), dalam menindaklanjuti hasil Rapat yang melibatkan seluruh pimpinan di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo yang digelar pekan lalu terkait dengan penguatan akreditasi Program Studi. Diantaranya dengan menggelar koordinasi terkait kesiapan seluruh Fakultas dalam mewujudkan Prodi berakreditasi A ditiap fakultas, Senin (27/7). Di Ruang Rapat lantai 3 Rektorat UNG.

Ketua Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) Dr. Nawir Sune, M.Si mengatakan rapat koordinasi yang dilakukan kali ini, selain sebagai tindak lanjut dari rapat sebelumnya, juga untuk meminta masukan serta usulan dari tiap pimpinan Fakultas terkait program studi yang ditargetkan berakreditasi A ditahun ini.

“Untuk tahun ini Rektor menargetkan minimal disetiap Fakultas ditahun ini harus ada 1 Prodi berakreditasi A, dan Alhamdulillah seluruh Fakultas telah mengusulkan Prodi masing-masing yang tahun ini berpotensi besar memperoleh akreditasi A tersebut,” ungkap Nawir.

Untuk saat ini bagi Prodi yang ditargetkan A dan telah memiliki memiliki Borang Akreditasi, BPMA kata Nawir nantinya akan melakukan pembimbingan secara langsung kepada Prodi tersebut terkait penyusunan borang dengan turut serta melibatkan assessor internal kampus yang dimulai pada tanggal 29 Juli hingga 1 Agustus 2015. Disamping itu, setelah melalui pembimbingan dan penilaian di internal kampus, selanjutnya BPMA akan mengirimkan borang tersebut untuk dinilai oleh para assessor nasional pada tanggal 4 Agustus 2015.

“Seluruh borang itu nantinya akan dinilai oleh para assessor nasional yang berpengalaman seperti Dr. Ir. Budi Prastawa, M.Sc dari Universitas Hasanuddin Makassar, Prof. Dr. Tatang Herman dari Universitas Pendidikan Indonesia, serta Prof Dr. Muslimin Ibrahim dari Unesa,” terangnya.

Selain itu, untuk mempermantap penyusunan Borang Prodi tersebut nantinya BPMA akan menggelar workshop terkait penyusunan borang akreditasi Prodi selama 3 hari mulai tanggal 13 Agustus dengan mendatangkan ketiga assessor nasional. “Pendampingan akan terus dilakukan BPMA hingga kegiatan simulasi dan penyiapan data,” ujarnya.

Untuk bisa menyukseskan target tersebut kata Nawir, dibutuhkan dukungan pro aktif tidak hanya dari pimpinan fakultas, namun juga dukungan dari seluruh elemen program studi terkait khususnya berkaitan dengan penyusunan borang akreditasi. Dengan adanya dukungan tersebut dirinya mengaku optimis bahwa target yang telah ditetapkan Rektor tersebut akan bisa diwujudkan dengan baik. “Insya Allah target ini akan bisa kita wujudkan secara bersama-sama,” pungkasnya. #

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0