Matangkan Kesiapan KKN, LPPM Beri Pembekalan Bagi Dosen Pembimbing

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 Agustus 2020 . 16:43:11

 

GORONTALO – Suksesnya pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sibermas dan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo, terus diupayakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat selaku penaggungjawab. Salah satunya dengan mematangkan kesiapan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan membimbing mahasiswa selama pelaksanaan KKN melalui pelaksanaan pembekalan.

Menurut Ketua LPPM UNG Prof. Ishak Isa, M.Pd, pelaksanaan pembekalan DPL lebih ditekankan pada penguatan kewajiban dan fungsi DPL sebagai pembimbing mahasiswa selama KKN. Dimana selain membimbing mahasiswa, tugas DPL meliputi mensinergikan kegiatan yang dibawa mahasiswa dan Desa, sekaligus berkoordinasi dengan perangkat Desa terkait program dan kegiatan mahasiswa bimbingan selama KKN.

“Dalam melaksanakan tugasnya, DPL juga harus berperan dalam membimbing sekaligus memotivasi selama dalam agar program yang dibawa mahasiswa dapat diimplementasikan dengan baik,” ujarnya.

Selama pelaksanaan KKS nanti diharapkan para DPL dapat melaksanakan tugasnya dengan ikhlas bekerja bersama mahasiswa, dengan dapat melakukan pembimbingan langsung ke mahasiswa dan melakukan pendampingan dengan terjun ke lokasi KKN.

“Dengan siapnya seluruh perangkat pelaksana KKN khususnya DPL, diharapkan KKN kali ini dapat terlaksana dengan baik serta program mahasiswa dapat terlaksana secara maksimal,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat KKN UNG Robin Pakaya, M.Pd, menuturkan, jumlah DPL yang diberikan Coaching berjumlah 105 Dosen yang terbagi dalam DPL KKN Tematik 89 Dosen dan KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka berjumlah 16 orang.

“105 DPL tersebut akan membimbing mahasiswa KKN berjumlah 3150 mahasiswa yang terbagi dalam beberapa kelompok. KKN kali ini akan fokus melakukan pengabdian untuk 89 Desa yang tersebar pada 4 Kabupaten di Prov. Gorontalo,” jelas Robin. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61