Mahasiswa KKS Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan Sistem Vertikultura

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 April 2017 . 10:25:22

 

GORONTALO - Mahasiswa peserta program Kuliah Kerja Sibermas ini (KKS) pengabdian tahun 2017 periode Maret-April, berlokasi di Desa Ayumolingo mulai gencar menerapkan program kerjanya selama mengabdikan diri di Desa.

Salah satu program yang diimplementasikan yakni mengajak masyarakat sekitar, dalam pemanfaatan lahan pekarangan sistem Vertikultura dengan tanaman hortikultura dan penggunaan pestisida nabati.

Dalam memaksimalkan pemanfaatan lahan pekarangan tersebut, mahasiswa KKS bahkan gencar melakukan penyuluhan kepada masyarakat, yang melibatkan anggota kelompok Dasawisma Tim Penggerak PKK, para masyarakat serta aparat Desa. Penyuluhan juga turut dibarengi dengan, demonstrasi secara proses budidaya tanaman hortikultura dan pengaplikasian pestisida nabati pada lahan pekarangan.

Dosen pembimbing lapangan Dra. Nikmah Musa, M.Si menuturkan, penyuluhan dalam pemanfaatan lahan pekarangan melalui budidaya tanaman hortikultura dilakukan, karena potensi pertanian yang dimiliki Desa Ayumolingo. Di Desa Ayumolingo kata Nikmah, merupakan salah satu wilayah potensi pertanian yang sangat produktif dengan tanaman pangan, tanaman hortikultura, tanaman perkebunan yang sebagian besar didominasi tanaman jagung.

"Potensi Desa Ayumolingo dibidang pertanian maupun budidaya tanaman cukup besar. Sehingga mahasiswa KKS mencoba untuk terus memaksimalkan potensi yang dimiliki Desa, dalam mendukung perkembangan Desa Ayumolingo melalui pemanfaatan lahan pekarangan dan budidaya tanaman hortikultura," terang Nikmah. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61