Click here for English version.
Fachrizal Nursyamsu S.IP 30 September 2013
Mahasiswa Jurusan BK Menjadi Instruktur Outbound di MTsN Suwawa

UNG – Kualitas dan Kemampuan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) semakin terbukti. Hal ini terlihat pada kegiatan Outbound Pengurus Organisasi Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Tsanawiah Negeri (MTsN) Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Minggu (29/9) pagi. Kegiatan ini terlaksana atas permintaan dari pihak MTsN Suwawa kepada Jurusan BK FIP untuk memberikan bantuan, dalam hal pelaksanaan peningkatan karakter dan kemampuan Pengurus OSIS melalui kegiatan Outbound. Jurusan BK FIP menugaskan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) BK untuk memberikan ilmu dan pengalamannya di bangku kuliah kepada siswa-siswi MTsN Suwawa dengan mengirimkan mahasiswa yang memiliki pemahaman dan kemampuan menjadi intruktur Outbound. Kegiatan ini juga merupakan kerja sama dengan alumni Jurusan BK FIP.

Sebanyak 31 Siswa MTsN Suwawa mengikuti Outbound dengan instruktur 6 orang yang seluruhnya merupakan mahasiswa Jurusan BK FIP. Pembina OSIS MTsN Suwawa, Karim Lasulika, S.Ag dan Guru Bimbingan dan Konseling MTsN Suwawa, Khalid Dama, S.Pd berharap dengan adanya kegiatan Outbound ini, para peserta yang merupakan pengurus OSIS dapat mengembangkan karakter dan kemampuannya untuk bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. “Untuk menjadi pemimpin, para pengurus OSIS ini memerlukan pengembangan kemampuan diri terutama dari aspek kepemimpinan, keterbukaan, kerja sama, keberanian dan gotong royong, sehingga setelah mengikuti Outbound kemamampuan dan karakter para peserta ini semakin meningkat,” ujar Karim Lasulika, S.Ag.Kegiatan Outbound ini dimulai pukul 07.30 hingga 12.30 Wita dengan membagi 31 peserta menjadi 5 Kelompok dan harus melewati 4 pos yang setiap pos memiliki permainan yang dapat melatih kemampuan dan karakter peserta. Diantaranya permainan Parkir Bis untuk melatih kepemimpinan, Permainan Labirin Bergoyang untuk melatih kerja sama dan resolusi konflik peserta, Permainan Negeri Bocor untuk melatih kerja sama dan tolong menolong, dan terakhir Permainan Kapal karam untuk melatih kerja sama dan keberanian peserta. Salah seorang instruktur Outbound, Bungawati Zainal (semester V) mengatakan inti dari kegiatan Outbound ini adalah untuk mengembangkan karakter dan kemampuan siswa sehingga sebagai pengurus OSIS dapat melaksanakan tugas dengan baik.Ketua Jurusan BK FIP, Maryam Rahim, M.Pd mengatakan kegiatan Outbound yang dilaksanakan oleh HMJ BK, merupakan salah satu bagian dari Kegiatan Pusat Pengembangan Diri dan Karakter (Puspendikar) yang sudah lama dilaksanakan di Jurusan BK. “Mahasiswa yang turun menjadi instruktur dalam kegiatan Outbound tentunya sudah memiliki pemahaman dan kemampuan sebagai instrukstur Outbound dibawah binaan para Dosen di Jurusan BK. Mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di Puspendikar, banyak diantaranya dilakukan di internal UNG sendiri seperti di Jurusan BK, Pusat Pelayan BK, serta dengan Program Studi Pariwisata UNG,” tutup Maryam Rahim, M.Pd.

 

OUTBOUND. Tampak para siswa-siswi pengurus OSIS MTsN Suwawa sangat antusias bekerja sama dalam permainan 'Negeri Bocor" yang melatih kemampuan peserta dalam hal tolong-menolong dan bekerja sama dengan mengambil lokasi di pinggir Sungai Bone Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Minggu (29/9) pagi.

Agenda
11 November 2016
Seminar Internasional
Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"
11 November 2016
Southeast Asian Agriculture Student Conference
Seminar Mahasiswa ASEAN
16 - 18 September 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.
05 September - 07 Agustus 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.
Tautan Unit