Mahasiswa ITP Olah Bahan Pangan Lokal Jadi Makanan Bergizi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 15 Desember 2016 . 10:55:43

 

GORONTALO - Melimpahnya bahan pangan lokal dengan kandungan gizi yang cukup tinggi, mendorong mahasiswa Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) berkreasi menciptakan olahan makanan yang menarik dan memiliki manfaat kesehatan.

Melalui tugas mata kuliah pangan fungsional, mahasiswa berlomba-lomba menunjukkan kreatifitasnya mengolah bahan pangan yang tidak hanya enak, namun juga bermanfaat bagi kesehatan.

Produk olahan berhasil dikreasikan diantaranya pemanfaatan tanaman Pare menjadi Kripik Pare Kremas, pengolahan limbah biji alpukat sebagai bahan ice cream, serta pemanfaatan daun tanaman gersen sebagai teh untuk menurunkan kolesterol, dan banyak lagi produk olahan lainnya. Berbagai produk tersebut bahkan dipamerkan oleh mahasiswa pada, Rabu (14/12), di Halaman Fakultas Pertanian UNG.

 

 

Dosen pengampuh mata kuliah pangan fungsional Zahra Khan, S.Pi, M.Si menuturkan, dalam program pembelajaran mahasiswa dituntut untuk berkreasi dan berinovasi membuat produk olahan, berbasis bahan pangan lokal dan memiliki nilai gizi bagi tubuh.

"Mahasiswa dibebaskan dalam mengolah bahan pangan menjadi sebuah produk yang kreatif dan inovatif, namun dengan tidak menghilangkan manfaat kesehatan bagi konsumen," ungkapnya.

Selain membuat produk, mahasiswa juga diharuskan untuk dapat mempresentasikan produk yang telah mereka kreasikan, serta memasarkannya ke lingkungan masyarakat. "Melalui program ini kami ingin lebih memancing mahasiswa lebih kreatif dan inovatif. Karena memang mahasiswa membutuhkan wadah untuk menyalurkan kemampuan mereka," jelasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61