Mahasiswa ITP Kreasikan Produk Bakso Sehat

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Juli 2017 . 14:08:37

 

GORONTALO - Kelompok mahasiswa Jurusan Ilmu Teknologi Pangan berhasil mengkreasikan produk makanan Bakso yang sehat untuk dikonsumsi. Produk Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) yang diberi nama Bakso Kentang Goreng (Batang Goreng) menjadi solusi alternatif, bagi masyarakat yang ingin mengkonsumsi bakso yang aman untuk kesehatan.

Batang Goreng merupakan produk bakso yang dibuat tanpa menggunakan daging, namun digantikan oleh kentang sebagai bahan utama pembuatan bakso. Selain lebih murah, bakso berbahan dasar kentang tersebut lebih aman dikonsumsi bagi masyarakat tanpa menimbulkan efek kesehatan.

"Keunggulan produk Bakso ini aman dapat dikonsumsi tanpa menimbulkan efek kesehatan, dan juga bahan dasar yang digunakan juga merupakan pangan lokal yakni kentang yang cukup mudah didapat," ungkap Perwakilan Kompok PKM-K Batang Goreng Isman Saipi.

Produk PKM-K yang didanai oleh Kemenristekditi untuk tahun 2017 tersebut, saat ini mulai ditingkatkan produksi dan gencar pasarkan di lingkungan masyarakat Gorontalo baik secara langsung maupun melalui media online. Respon yang ditunjukkan Masyarakat pun sangat positif, dengan banyaknya masyarakat yang tertarik dan membeli produk bakso tersebut.

 

 

"Alhamdulillah masyarakat tertarik dengan produk kami. Mereka menilai antara Bakso Kentang yang kami buat dibanding bakso pada daging maupun ayam tidak ada perbedaan dari segi fisik dan rasanya, namun memiliki nilai lebih selain lebih murah juga tidak menimbulkan efek kesehatan," jelasnya.

Untuk pemesanan produk tersebut kata Isman, gencar dipromosikan ke seluruh masyarakat dengan memanfaatkan berbagai media promosi. Dari beberapa kali produksi dan penjualan sudah memperoleh beberapa keuntungan. "Produk ini juga sangat sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga penyimpanan pun hanya bertahan selama satu Minggu jika disimpan di lemari Pending," pungkasnya.

Anggota Kelompok PKM - Kewirausahaan Jurusan Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian terdiri dari 3 orang yakni Isman Saipi, Cintawati Yunus, Nur Fitro Mahmud dengan dibimbing oleh Dosen Siti Aisyah Liputo (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61