Mahasiswa Ingin Mengembangkan Wirausaha? Ayo Ikut Program KBMI dan ASMI

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 Februari 2021 . 11:43:42

 

GORONTALO – Informasi penting untuk Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo yang saat telah memiliki usaha dan berkeinginan mengembangkan usahanya. Pasalnya UPT. Pengembangan Karir Mahasiswa (UPT. PKM) akan memfasilitasi wirausaha Mahasiswa mengembangkan Wirausaha yang telah mereka rintis.

Pengembangan Wirausaha mahasiswa akan difasilitasi melalui program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Akselarasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI). Keduanya merupakan bagian dari Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) 2021, yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Pendidikan Tinggi.

Menurut Kepala UPT. PKM UNG Z.C Fachrussyah, S.St.Pi, M.Si, program KBMI diharapkan mampu mendukung visi-misi pemerintah untuk pengembangan wirausaha baru dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan kewirausahaan mahasiswa. Kategori wirausaha meliputi makanan dan minuman, jasa dan perdagangan, produksi/budidaya, teknologi terapan, industry kreatif.

“Sedangkan ASMI lebih fokus pada wirausaha Mahasiswa dalam bentuk usaha digital. Tujuannya untuk mendorong pengembangan startup mahasiswa Indonesia untuk berkembang menjadi startup global,” jelasnya.

Untuk bisa ikut dalam program KBMI terdapat beberapa syarat, diantaranya Mahasiswa aktif program pendidikan sarjana serta memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan dengan kelompok terdiri dari 3-5 Mahasiswa. Sedangkan khusus program ASMI diwajibkan memiliki startup digital minimal 6 bulan dan telah memiliki web apps atau mobile apps yang sudah berjalan.

Pendaftaran kedua program tersebut dilakukan secara daring pada laman https://sim-pkmi.kemdikbud.go.id. Bagi Kelompok Mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapatkan bantuan pengembangan usaha dan startup sebesar 25 Juta Rupiah.

“Kemudian akan mengikuti Workshop kewirausahaan bersama praktisi dan entrepreneur sukses di Indonesia untuk program KBMI, sedangkan program ASMI akan memperoleh pembinaan dalam bentuk workshop serta pendampingan melalui Student Startup Accelerator Camp (SSAC),” jelannya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0