Mahasiswa Ingin Mengembangkan Wirausaha? Ayo Ikut Program KBMI dan ASMI

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 Februari 2021 . 11:43:42

 

GORONTALO – Informasi penting untuk Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo yang saat telah memiliki usaha dan berkeinginan mengembangkan usahanya. Pasalnya UPT. Pengembangan Karir Mahasiswa (UPT. PKM) akan memfasilitasi wirausaha Mahasiswa mengembangkan Wirausaha yang telah mereka rintis.

Pengembangan Wirausaha mahasiswa akan difasilitasi melalui program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Akselarasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI). Keduanya merupakan bagian dari Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) 2021, yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Pendidikan Tinggi.

Menurut Kepala UPT. PKM UNG Z.C Fachrussyah, S.St.Pi, M.Si, program KBMI diharapkan mampu mendukung visi-misi pemerintah untuk pengembangan wirausaha baru dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan kewirausahaan mahasiswa. Kategori wirausaha meliputi makanan dan minuman, jasa dan perdagangan, produksi/budidaya, teknologi terapan, industry kreatif.

“Sedangkan ASMI lebih fokus pada wirausaha Mahasiswa dalam bentuk usaha digital. Tujuannya untuk mendorong pengembangan startup mahasiswa Indonesia untuk berkembang menjadi startup global,” jelasnya.

Untuk bisa ikut dalam program KBMI terdapat beberapa syarat, diantaranya Mahasiswa aktif program pendidikan sarjana serta memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan dengan kelompok terdiri dari 3-5 Mahasiswa. Sedangkan khusus program ASMI diwajibkan memiliki startup digital minimal 6 bulan dan telah memiliki web apps atau mobile apps yang sudah berjalan.

Pendaftaran kedua program tersebut dilakukan secara daring pada laman https://sim-pkmi.kemdikbud.go.id. Bagi Kelompok Mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapatkan bantuan pengembangan usaha dan startup sebesar 25 Juta Rupiah.

“Kemudian akan mengikuti Workshop kewirausahaan bersama praktisi dan entrepreneur sukses di Indonesia untuk program KBMI, sedangkan program ASMI akan memperoleh pembinaan dalam bentuk workshop serta pendampingan melalui Student Startup Accelerator Camp (SSAC),” jelannya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61