Mahasiswa Ingin Berwirausaha? Simak Tips Dari Sandiaga Uno

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Januari 2020 . 15:08:00

 

GORONTALO – Ingin meraih kesuksesan tidak hanya mengandalkan kemampuan akademik semata, namun mahasiswa juga harus berani mengambil kesempatan berwirausaha. Untuk menjadi seorang wirausahawan muda, Sandiaga Uno membagikan tips diantaranya berani memulai langkah untuk menjadi wirausahawan.

“Walaupun seseorang memiliki ilmu dan ide berwirausaha, akan tetapi tidak memiliki keberanian untuk memulai maka akan percuma. Untuk itu mantapkan diri dan berani mengambil inisiatif terjun berwirausaha,” ungkap Sandiaga, saat memberikan wejangan kepada mahasiswa UNG pada kegiatan Creator Nation UNG 2019.

Ketika mahasiswa sudah berani memulai langkah berwirausaha, maka sebagai wirausahawan muda harus berani mengambil sebuah resiko. Karena menghadapai resiko sebagai wirausahawan muda tersebut akan mendorong sebuah pembelajaran serta memperkaya pengalaman, sehingga tidak akan mengulangi kesalahan dalam menjalankan usaha.

“Resiko juga akan menjadi penguat kepercayaan diri seorang pengusaha muda,” terang Sandiaga.

Menurut Sandiaga, resiko ketika membangun wirausaha akan mendekatkan kita dengan sebuah kegagalan. Akan tetapi kegagalan itu sangat penting untuk pembelajaran sebagai proses menuju kesuksesan.

“Semua penguasa sukses pasti pernah merasakan resiko kegagalan dalam membangun usahanya, namun dari kegagalan itu semuanya bisa bangkit dan menjadi sukses. Makanya segala resiko berwirausaha harus diperhitungkan dengan matang,” ujarnya.

Meskipun beragam resiko yang dihadapai dalam membangun usaha, Sandiaga meminta mahasiswa untuk tidak takut mengambil kesempatan dalam berwirausaha. “Jangan takut dan segeralah mulai untuk memulai usaha. Manfaatkan kesempatan berwirausaha agar kalian bisa meraih kesuksesan,” imbaunya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61