Mahasiswa Informatika Peroleh Bantuan Program Hibah Bina Desa Kemristekdikti

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 September 2017 . 09:00:35

Beri Pelatihan Peningkatan Hasil Penjualan Memanfaatkan Media Online

 

 

GORONTALO - Mahasiswa Jurusan Informatika yang tergabung dalam kelompok UKM Seniorti berhasil menjadi satu-satunya kelompok mahasiswa UNG yang berhasil memperoleh Program Hibah Bina Desa (PHBD) Kementerian Ristekdikti. Program pengabdian mahasiswa Informatika dalam pembinaan Desa tersebut, berfokus pada pelatihan dan pembinaan industri kreatif tradisional Kawaro di Desa Mongolato Kecamatan Telaga.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan, Rabu (27/9), di Aula Kantor Desa Mongolato Kecamatan Telaga Telaga berupa pelatihan teknologi informasi kepada perajin karawo, untuk peningkatan hasil penjualan perajin karawo sebagai upaya mempertahankan eksistensi industri kreatif tradisional.

Dosen Pembimbing Kelompok UKM Seniorti Roviana Dai, S.Kom, MT, mengungkapkan, program pelatihan dan pembinaan industri karawo dipilih sebagai upaya untuk mempertahankan eksistensi perajin karawo yang ada di Desa. Melalui pelatihan teknologi informasi semacam ini, para perajin didorong untuk lebih berkembang secara mandiri.

"Mereka kita dorong untuk bergerak secara mandiri, dengan melakukan aktifitas produksi dan penjualan secara mandiri memanfaatkan proses penjualan secara online," ungkap Roviana.

Tidak hanya sekedar melakukan pelatihan nantinya UKM Seniorti juga akan melakukan pendampingan selama beberapa minggu, dalam memaksimalkan pelatihan teknologi informasi dalam peningkatan hasil penjualan perajin karawo. "Proses pendampingan hingga evaluasi akan terus dilakukan, untuk memaksimalkan program ini," terang Roviana.

Camat Telaga Udin Pango, ST, M.Si, menyambut baik pelatihan yang dilaksanakan oleh UKM Seniorti mahasiswa Jurusan Informatika. Menurutnya melalui program ini, banyak manfaat diperoleh para perajin karawo yang bertujuan meningkatkan hasil perajin karawo. Terlebih pada proses desain hingga pemasaran akan mendapatkan pendampingan dari mahasiswa Informatika.

Sementara itu Ketua Jurusan Informatika Tajuddin Abdillah, S.Kom, M.Cs, menuturkan untuk program PHBD Kemristekdikti, Jurusan Informatika terus melakukan pembimbingan secara intensif kepada mahasiswa dalam meloloskan proposal tersebut, baik itu melalui penyiapan proposal hingga kunjungan ke Desa. Proses seleksinya dilakukan dalam 3 tahap yakni tahapan seleksi proposal, konten hingga presentasi. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61