Mahasiswa Hukum Dipersiapkan Hadapi Era Disrupsi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 Desember 2019 . 17:03:11

 

GORONTALO – Dunia saat ini khususnya di Indonesia sedang menghadapi fenomena distruption (disrupsi), situasi dimana terjadi gerak perubahan dari tatanan yang seharusnya. Untuk menyikapi isu tersebut, Senat Mahasiswa Fakultas Hukum UNG melaksanakan Dialog Interaktif, Kamis (12/5), di Auditorium UNG.

Dialog Interaktif membahas topik terkait tantangan dan peluang mahasiswa diera disrupsi hukum, dengan menghadirkan pemateri Advokat Senior Adv. Dr (Cand). TM. Luthfi Yazid, SH, LLM, CIL, CLI, serta Pakar Hukum di Prov. Gorontalo Dr. Fence M Wantu, SH, MH,.

Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Hamzah Kaiko mengatakan diangkatnya isu tantangan dan peluang mahasiswa diera disrupsi hukum, dikarenakan fenomena perkembangan disrupsi yang terjadi diberbagai bidang tanpa terkecuali bidang Hukum. Untuk menghadapi disrupsi Hukum tersebut, masyarakat khususnya mahasiswa butuh bekal dari para ahli.

 

“Banyak mahasiswa khususnya lulusan Hukum bingung ingin kemana setelah wisuda. Sehingganya kami menghadirkan para pakar Hukum yang paham akan tantangan dan peluang untuk dibagikan kepada mahasiswa,” ungkapnnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Karmila Mahmud, M.A, Ph.D, fenomena distrupsi berupa perubahan bergerak sangat cepat dan fundamental, dengan mengacak-acak pola tatanan lama untuk menciptakan tatanan baru tidak terkecuali dibidang hukum. Sehingga sudah seharusnya masyarakat khususnya mahasiswa untuk bersiap menghadapai perubahan tersebut.

“Disrupsi harus bisa dimanfaatkan untuk keuntungan pribadi. Tentu saja untuk bisa memanfaatkannya dibutuhkan pemahaman akan tantangan dan peluang apa saja yang bisa didapat, dan wadah dialog interaktif ini penting untuk menakar peluang tersebut,” tandas Karmila.

Sebagai masyarakat berpendidikan, mahasiswa dituntut untuk bisa menggali peluang-peluang apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan diri. Kemampuan dan insting melihat peluang tersebut dapat diasah sejak dini, dengan banyak membaca dan berdiskusi dengan para ahli. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0