Mahasiswa Hukum Dipersiapkan Hadapi Era Disrupsi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 Desember 2019 . 17:03:11

 

GORONTALO – Dunia saat ini khususnya di Indonesia sedang menghadapi fenomena distruption (disrupsi), situasi dimana terjadi gerak perubahan dari tatanan yang seharusnya. Untuk menyikapi isu tersebut, Senat Mahasiswa Fakultas Hukum UNG melaksanakan Dialog Interaktif, Kamis (12/5), di Auditorium UNG.

Dialog Interaktif membahas topik terkait tantangan dan peluang mahasiswa diera disrupsi hukum, dengan menghadirkan pemateri Advokat Senior Adv. Dr (Cand). TM. Luthfi Yazid, SH, LLM, CIL, CLI, serta Pakar Hukum di Prov. Gorontalo Dr. Fence M Wantu, SH, MH,.

Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Hamzah Kaiko mengatakan diangkatnya isu tantangan dan peluang mahasiswa diera disrupsi hukum, dikarenakan fenomena perkembangan disrupsi yang terjadi diberbagai bidang tanpa terkecuali bidang Hukum. Untuk menghadapi disrupsi Hukum tersebut, masyarakat khususnya mahasiswa butuh bekal dari para ahli.

 

“Banyak mahasiswa khususnya lulusan Hukum bingung ingin kemana setelah wisuda. Sehingganya kami menghadirkan para pakar Hukum yang paham akan tantangan dan peluang untuk dibagikan kepada mahasiswa,” ungkapnnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Karmila Mahmud, M.A, Ph.D, fenomena distrupsi berupa perubahan bergerak sangat cepat dan fundamental, dengan mengacak-acak pola tatanan lama untuk menciptakan tatanan baru tidak terkecuali dibidang hukum. Sehingga sudah seharusnya masyarakat khususnya mahasiswa untuk bersiap menghadapai perubahan tersebut.

“Disrupsi harus bisa dimanfaatkan untuk keuntungan pribadi. Tentu saja untuk bisa memanfaatkannya dibutuhkan pemahaman akan tantangan dan peluang apa saja yang bisa didapat, dan wadah dialog interaktif ini penting untuk menakar peluang tersebut,” tandas Karmila.

Sebagai masyarakat berpendidikan, mahasiswa dituntut untuk bisa menggali peluang-peluang apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan diri. Kemampuan dan insting melihat peluang tersebut dapat diasah sejak dini, dengan banyak membaca dan berdiskusi dengan para ahli. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61