Mahasiswa FIP Dibekali Kemampuan Jurnalistik

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 11 Maret 2020 . 11:20:10

 

GORONTALO - Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mendapatkan kesempatan emas dan sangat bermanfaat, dengan mengikuti Kegiatan Pelatihan Jurnalistik dengan nara sumber Jurnalis senior di Provinsi Gorontalo, yang dilaksanakan Selasa (10/3) di Aula Kantor FIP UNG.

Hadir sebagai pemateri yakni Wakil Direktur Gorontalo Post, Femmy Udoki dengan materi Manajemen Pers. Pemimpin Redaksi Gorontalo Post, Jitro Paputungan dengan materi Teknik Menulis Berita dan Wawancara. Direktur Media Online barakati.id, Ronald S, Bidjuni dengan materi Fotografi Jurnalistik. Terakhir, Reporter CNN Indonesia TV Ajis Halid dengan materi Jurnalistik Televisi.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik mahasiswa ini dihadiri oleh 28 orang mahasiswa perwakilan dari lima Jurusan/ Program Studi yang ada di lingkungan FIP UNG dan dirangkaikan denan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara FIP dengan Gorontalo Post dan Media Online barakati.id.

Kegiatan ini mengambil tema Simak, Pahami, Tuangkan, Publikasikan berlangsung selama satu hari penuh ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian mahasiswa FIP sehinga berdaya saing dan unggul, tidak hanya paham mengenai seluk beluk dunia pendidikan. Ditambah lagi untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan jurnalistik mahasiswa, serta sebagai karir alternatif bagi mahasiswa setelah lulus nanti.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Rustam Husain mengatakan kegiatan ini adalah implementasi dari visi-misi Rektor UNG untuk meningkatkan kemampuan lulusan yang unggul dan berdaya saing.

“Kami harapkan lulusan FIP tidak hanya berorientasi menjadi guru, tetapi bisa memilih karir di bidang jurnalistik dengan menuangkan melalui tulisan, artikel dan berita,” jelas Dr. Rustam.

Dekan FIP, Dr. Arwildayanto yang membuka langsung kegiatan ini mengatakan hari ini adalah momen yang sangat berharga dan ditunggu-tunggu oleh sivitas akademika UNG, karena dalam amanatnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem A Makarim, mencetuskan Merdeka Belajar Mahasiswa saat ini memerlukan kompetensi yang beragam dengan mendapatkan berbagai sumber belajar yang luas sesuai dengan bakat dan minat maahasiswa, serta harus dipersiapkan karir alternatif selain ilmu yang didapatkan selama di bangku kuliah.

“Mudah-mudahan ke depan peserta pelatihan jurnalistik ini dapat lebih mengembangkan minat dan kemampuan menulis serta dapat memilih karir alternatif menjadi jurnalis atau wartawan di berbagia Media,” ungkap Dekan FIP.

Wakil Direktur Gorontalo Post, Femmy Udoki dalam materi awal menjelaskan seluk beluk manajemen media massa, terutama Gorontalo Post yang tetap eksis selama 20 tahun di Provinsi Gorontalo.

“Media Post tetap eksis dan bertahan di persaingan media saat ini, dengan mengedepankan berita yang mengangkat kearifan lokal kepada pembaca setianya,” terang Femmy Udoki.

Selanjutnya, Pemimpin Redaksi Gorontalo Post, Jitro Paputungan mengupas lebih dalam terkait teknis penulisan berita dan wawancara, dimulai dari penjabaran 5W + 1 H, jenis wawancara, jenis berita, penulisan berita dengan metode piramida terbalik, dan hal-hal teknis terkait penulisan berita dan profesi wartawan menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial.

“Awal yang berat dalam menulis berita memang menjadi tantangan pertama yang harus dilewati, caranya adalah pahami isu yang akan ditulis, lengkapi data dan konfirmasi nara sumber dengan mencatat dan merekam, kemudian tulislah dengan jujur sesuai apa yang dlihat dan didengar,” terang Jitro Paputungan.

Materi Foto Jurnalistik dibahas oleh Ronal S. Bidjuni, Direktur Media online barakati.id yang menjelaskan fungsi, syarat, teknik foto jurnalistik, dan keunggulan dalam foto sebagai berita dalam bentuk gambar. “kita harus lebih selektif dalam memilih foto yang akan dtampilkan, harus memenuhi kaidah jurnalistik dan norma yang berlaku di masyarakat,” jelas Ronal Bidjuni.

Nara sumber terakhir, Reporter CNN Indonesia TV, Ajiz Halid menjelaskan teknis dan alur kerja reporter TV dari awal persiapan peliputan hingga berita ditayangkan di TV. “banyak tahapan yang harus dilalui dalam liputan di media TV, mulai dari peralatan wajib, peralatan pendukung serta teknik pengambilan gambar dan kontrol suara dalam peliputan, editing video sehingga menghasilkan karya jurnalistik yang menarik,” ungkap Ajiz Halid.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0