Mahasiswa Didorong Rintis Usaha Toko Online

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 Desember 2016 . 10:58:46

 

GORONTALO - Dalam memanfaatkan perkembangan teknologi yang terus berkembang pesat, Jurusan Teknik Informatika terus mendorong mahasiswanya untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi melalui pemikiran kreatifitas dan inovasi. Salah satunya dengan membuat toko online, sebagai implementasi tugas akhir dari mata kuliah Kewirausahaan.

Hasil karya kreatif dan inovasi toko online mahasiswa, dipublikasikan melalui pameran dengan mempromosikan hasil karya kepada masyarakat luas, Rabu (14/12). Kreatifitas dan inovasi toko online yang dipamerkan oleh mahasiswa sangat beragam. Mulai dari toko online untuk usaha pakaian, pelayanan jasa maupun kuliner.

Salah satu mahasiswa yang ikut dalam pameran Rihaf Husen turut serta memamerkan kreatifitas yang berhasil ia buat yakni toko online makanan Jepang. Dimana dengan memanfaatkannya, masyarakat dapat berbelanja tanpa perlu datang lagi ke toko. "Masyarakat tinggal pesan lewat aplikasi dan bisa langsung diproses. Dengan mengunjungi www.tokoyakigorontalo.com yang khusus menjual makanan Jepang," ujarnya.

 

 

Selain Rihaf, Muhammad Zulfikar Ibrahim turut serta memamerkan karya toko online yang berhasil ia buat. Dalam karyanya, Zulfikar lebih tertarik membuat toko online yang bergelut dengan penjualan pakaian distro secara online melalui situs www.bantayodesign.top.

Sementara itu Dosen pengampuh mata kuliah Kewirausahaan Salahudin Olii mengatakan, pameran Kewirausahaan melibatkan karya dari 50 mahasiswa Jurusan teknik informatika, yang merupakan produk akhir dari tugas mahasiswa. Dalam tugas akhir Kewirausahaan, mahasiswa lebih ditantang untuk dapat memaksimalkan era e-commarce yang saat ini tengah naik daun, dengan diharuskan membuat sebuah produk wirausaha dengan pemasarannya berbasis online.

"Ini juga merupakan upaya Jurusan dalam mempersiapkan Mahasiswa untuk menjawab tantangan jaman e-commarce. Karena tentunya ini akan menjadi bekal teknis mereka nanti dalam bersaing khususnya diera MEA," tandas Salahudin. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61