Mahasiswa Biologi Dilatih Sebagai Peneliti Melalui Praktikum Lapangan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 27 Maret 2017 . 09:07:00

 

GORONTALO - Sebagai seorang mahasiswa, salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah kemampuan dalam melakukan penelitian ataupun riset. Untuk mendorong kompetensi dalam penalaran riset Jurusan biologi mulai melatih sejak dini para mahasiswa sebagai peneliti, melalui praktikum lapangan mata kuliah.

Prof. Dr. Ramli Utina S.Pd, M.Pd, menuturkan, melalui rangkaian proses pendidikan pada mata kuliah ekologi dan botani tumbuhan tinggi, mahasiswa dilatih melakukan sebuah riset dengan turun langsung ke lapangan.

Dimana melalui praktikum lapangan, mahasiswa akan melakukan pengamatan secara ekologis kondisi dilokasi praktikum, dan juga melakukan pengamatan keanekaragaman hayati. "Praktikum lapangan merupakan agenda rutin yang selalu dilakukan. Untuk lokasi praktikum kali ini akan melakukan pengamatan dilokasi pegunungan di Tomohon, dan akan diikuti sebanyak 80 mahasiswa," ungkap Prof. Ramli, saat persiapan keberangkatan praktikum lapangan ke Tomohon Sulawesi utara, Minggu (26/30.

Setelah melakukan pengamatan dan observasi lapangan, mahasiswa juga diharuskan untuk sebuah riset terkait pengamat yang dilakukan setiap individu maupun kelompok. Kemudian menyusunnya dalam sebuah laporan dan akan diseminarkan. "Melalui kegiatan observasi hingga pemaparan laporan melalui seminar, kami ingin melatih sejak dini mahasiswa untuk bisa melakukan riset," jelasnya.

Lebih lanjut Abubakar Sidik Katili, S.Pd, M.Sc, menambahkan, salah satu tujuan kompetensi praktikum lapangan yang ingin diajarkan kepada mahasiswa yakni, mengasah serta mewadahi semangat dalam membuat sebuah laporan riset. Sebagai bentuk pemahaman kompetensi dalam menyusun riset maupun karya ilmiah.

"Nantinya diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan dalam melakukan analisis dan pengamatan di lapangan. Ini penting karena nantinya akan berdampak pada kebutuhan mereka dalam menyusun tugas akhir ataupun skripsi," tambah Sidik. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61