LP2M UNG Mulai Rintis Penelitian Transdisiplin

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 Oktober 2016 . 08:27:00

 

GORONTALO - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Gorontalo tengah gencar melakukan inovasi, dalam merangsang seluruh stake holder di lingkungan UNG dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian. Salah satu inovasi yang coba dikembangkan adalah melakukan penelitian multidisiplin.

Untuk membuka perkembangan penelitian transdisiplin tersebut, LP2M menggelar diskusi bersama peneliti muda UNG dari berbagai bidang Ilmu, Selasa (25/10), di ruang Rektor UNG.

Wakil Rektor I UNG Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, mengatakan, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan diseluruh dunia yang semakin pesat, metode transdisiplin pun juga mengalami perkembangan yang hampir sama. Bahkan beberapa Perguruan Tinggi ternama di dunia telah menerapkan model penelitian tersebut, dengan membentuk departemen khusus menangani penelitian transdisipliner.

"Inovasi ini akan sangat penting dalam mendukung eksistensi penelitian yang dilakukan UNG," ungkap Prof. Mahludin.

Lebih lanjut dikatakan Prof. Mahludin, pertemuan dengan melibatkan sejumlah peneliti muda produktif pada forum ini, dapat menghasilkan pengantar sebagai pedoman bagi LP2M, untuk dapat ditindaklanjuti dalam pelaksanaan penelitian transdisiplin.

"Rekomendasi pertemuan ini diharapkan dapat bermuara pada terwujudnya roadmap penelitian transdisiplin. Sehingga kedepannya penelitian transdisipliner bisa dapat dilaksanakan di UNG," tandasnya.

Diskusi kali ini turut melibatkan sejumlah pakar diantaranya, anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) yang juga Tokoh Nasional asal Prov. Gorontalo Ary Mochtar Pedju. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61