LP2M Proteksi Hasil Penelitian Melalui Penyusunan HKI

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 20 Oktober 2016 . 11:10:00

Rektor: Penelitian Merupakan Rising Star Pendukung Akreditasi 

 

 

GORONTALO - Dengan semakin meningkatnya kualitas dan kuantitas Tridharma perguruan tinggi dibidang penelitian, oleh dosen di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo. Mendorong Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNG, memproteksi hasil penelitian para dosen, melalui Sosialisasi Penyusunan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Rabu (19/10), di Ballroom Training Center UNG.

Ketua LP2M UNG Prof. Dr. Fenti Puluhulawa, SH, M.Hum, menuturkan, penelitian yang dilakukan dosen UNG pada tahun 2016 dengan progres penyelesaiannya telah 70% berjumlah 106 judul. Dan jika seluruh penelitian tersebut mampu menghasilkan minimal 1 luaran buku, maka tahun ini akan ada 106 buku yang bisa dihasilkan oleh dosen UNG.

Dengan banyaknya potensi luaran penelitian yang dihasilkan, perlu dilakukan proteksi hasil penelitian melalui kepemilikannya Hak Kekayaan Intelektual (HKI), sebagai legalitas dalam pengakuan hasil penelitian.

"Kinerja Perguruan Tinggi tidak hanya dilihat dari penelitian yang dihasilkan, namun juga berapa besar kekayaan intelektual yang mendapat pengakuan. Dan juga HKI akan sangat penting mengukur kinerja UNG dibidang Riset," ungkap Prof. Fenty.

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, dalam arahannya menuturkan, Sosialisasi Penyusunan HKI memiliki peran penting dalam membangun reputasi kampus UNG. Terlebih LP2M melalui penelitian, jurnal ilmiah maupun kekayaan intelektual menjadi kontributor penting dalam akreditasi Prodi maupun Institusi.

"Penelitian dan luaran penelitian merupakan salah satu Rising Star kita dalam mendukung akreditasi. Sehingga kedepannya, segala sesuatu yang berkaitan dengan penelitian harus lebih digenjot lagi melalui inovasi penelitian. Karena Inovasi ini sangat berkaitan dengan daya saing UNG serta bangsa Indonesia," harapnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61