LP2M Proteksi Hasil Penelitian Melalui Penyusunan HKI

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 20 Oktober 2016 . 11:10:00

Rektor: Penelitian Merupakan Rising Star Pendukung Akreditasi 

 

 

GORONTALO - Dengan semakin meningkatnya kualitas dan kuantitas Tridharma perguruan tinggi dibidang penelitian, oleh dosen di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo. Mendorong Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNG, memproteksi hasil penelitian para dosen, melalui Sosialisasi Penyusunan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Rabu (19/10), di Ballroom Training Center UNG.

Ketua LP2M UNG Prof. Dr. Fenti Puluhulawa, SH, M.Hum, menuturkan, penelitian yang dilakukan dosen UNG pada tahun 2016 dengan progres penyelesaiannya telah 70% berjumlah 106 judul. Dan jika seluruh penelitian tersebut mampu menghasilkan minimal 1 luaran buku, maka tahun ini akan ada 106 buku yang bisa dihasilkan oleh dosen UNG.

Dengan banyaknya potensi luaran penelitian yang dihasilkan, perlu dilakukan proteksi hasil penelitian melalui kepemilikannya Hak Kekayaan Intelektual (HKI), sebagai legalitas dalam pengakuan hasil penelitian.

"Kinerja Perguruan Tinggi tidak hanya dilihat dari penelitian yang dihasilkan, namun juga berapa besar kekayaan intelektual yang mendapat pengakuan. Dan juga HKI akan sangat penting mengukur kinerja UNG dibidang Riset," ungkap Prof. Fenty.

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, dalam arahannya menuturkan, Sosialisasi Penyusunan HKI memiliki peran penting dalam membangun reputasi kampus UNG. Terlebih LP2M melalui penelitian, jurnal ilmiah maupun kekayaan intelektual menjadi kontributor penting dalam akreditasi Prodi maupun Institusi.

"Penelitian dan luaran penelitian merupakan salah satu Rising Star kita dalam mendukung akreditasi. Sehingga kedepannya, segala sesuatu yang berkaitan dengan penelitian harus lebih digenjot lagi melalui inovasi penelitian. Karena Inovasi ini sangat berkaitan dengan daya saing UNG serta bangsa Indonesia," harapnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0