Lokakarya Kurikulum, Jawaban FPIK Atas Tantangan Kampus Merdeka

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Juli 2020 . 12:43:56

 

GORONTALO - Menjawab tantangan Kampus Merdeka yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Negeri Gorontalo menyelenggarakan Lokakarya kurikulum Kampus Merdeka. Lokakarya ini mengusung tema " Harmonisasi Kurikulum Kampus Merdeka Sesuai Dengan Kebutuhan Stakeholders"

Lokakarya Kurikulum Kampus Merdeka ini dilakukan secara komprehensif dan sistematis, dimulai dari mengisi hasil analisis tracer study, merancang profil lulusan, dan capaian pembelajaran lulusan. Langkah selanjutnya melakukan penelusuran dan pembobotan bahan kajian yang dapat memenuhi capaian pembelajaran lulusan.

"Terakhir membentuk matakuliah berdasarkan bahan kajian yang telah dikelompokkan sebelumnya. Sistem juga memberikan rekomendasi bobot SKS matakuliah secara otomatis berdasarkan hasil perhitungan bobot bahan kajian," kata Alfi Sahri Baruadi, Wakil Dekan Bidang Akademik, melalui presentase yang dilakukan, Sabtu (11/7).

Setelah seluruh proses penyusunan kurikulum  dilakukan, sistem akan memvisualisasikan relevansi antara profil lulusan dengan capaian pembelajaran. Sistem juga akan menunjukkan mata kuliah yang menunjang tercapainya learning outcomes melalui bahan kajian pembentuk mata kuliah.

“Visualisasi ini tentunya sangat membantu mahasiswa untuk memilih mana saja mata kuliah yang akan mendukung kompetensi yang diharapkan, sehingga sangat mendukung penerapan kampus merdeka,” kata dia.

Seperti diketahui, satu dari empat kebijakan utama Kampus Merdeka ialah hak belajar mahasiswa di luar program studinya setara dengan 40 sks. Kemudian ditambah mahasiswa dapat melakukan sit in di program studi lain di kampusnya sebanyak satu semester.

Sehingga total, mahasiswa dapat menempuh 3 semester di luar program studinya. Hal utama yang terdampak dari kebijakan tersebut adalah kurikulum program studi. Dimana setiap program studi dituntut merancang kurikulum yang selalu mutakhir dan adoptif terhadap perubahan serta kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Di sisi lain, kurikulum juga menjadi salah satu aspek yang distandarisasi kualitasnya melalui Permendikbud no. 03 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kurikulum juga menjadi syarat terakreditasinya suatu program studi dalam instrumen baru akreditasi IAPS 4.0.

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61