Lewat Seminar, Mahasiswa Perkuat Peran Teknik Sipil dalam Mitigasi Bencana

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 November 2019 . 16:33:19

 

GORONTALO – Indonesia merupakan negara yang sangat rawan akan aktifitas bencana alam, yang terkadang menimbulkan banyak korban jiwa. Dalam memperkuat upaya pencegahan korban bencana, Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil yang tergabung dalan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil melaksanakan seminar Nasional terkait peran teknik sipil dalam mitigasi bencana gempa di Gorontalo, Senin (11/4),.

Rektor UNG melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Karmila Machmud, S.PD., M.A, Ph.D, dalam sambutannya mendukung penuh upaya mahasiswa Fakultas Teknik dalam mitigasi bencana, melalui penguatan peran keilmuan Teknik Sipil.

Menurut Karmila seminar ini sangat penting, karena wilayah Indonesia khususnya pulau Sulawesi merupakan daerah rawan bencana yang berada dekat dengan pertemuan lempeng bumi, sehingga berpotensi besar dilanda gempa bumi.

“Sulawesi memiliki histori bencana gempa bumi yang banyak memakan korban jiwa, sehingganya dampak korban jiwa tersebut harus bisa diantisipasi,” ungkap Karmila.

Menurut Karmila banyaknya korban meninggal dalam becana gempa bumi lebih disebabkan oleh runtuhnya bangunan-bangunan, yang disebabkan guncangan gempa. Terlebih jika struktur bangunannya rapuh dan tidak tahan gempa akan sangat membahayakan masyarakat ketika terjadi bencana.

“Peran keilmuan teknik sipil sangat penting untuk merancang bangunan tahan gempa, yang bisa dibangun oleh masyarakat luas. Jika hal tersebut bisa terwujud, maka resiko korban meninggal dalam gempa diakibatkan runtuhnya bangunan akan berkurang,” tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61